Langkah Persib terhenti di Piala Presiden 2018 usai dikalahkan PSM Makassar

user
Farah Fuadona 27 Januari 2018, 15:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Langkah Persib Bandung untuk dapat lolos dari fase grup, harus terhenti. Persib Bandung dikalahkan PSM Makassar 0-1 dalam laga terakhir babak penyisihan grup A di  Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (26/1) malam. Gol PSM Makassar dicetak Bruce Djite pada menit ke-59.

Begitu babak pertama dimulai, kedua tim langsung memeragakan permainan ofensif. Bermain dihadapan puluhan ribu bobotoh, Persib bermain menekan sejak menit awal. Febri Haryadi dari sisi sebelah kiri beberapa kali menggedor barisan pertahanan PSM Makassar. Tak hanya lewat sisi kanan, sejumlah serangan juga dilancarkan melalui sisi sebelah kanan melalui kerjasama Supardi Nasir Bujang dan Henhen Herdiana. Namun berhasil digagalkan  pemain belakang PSM, Abdul Rahman.

Pada menit ke 18, Febri Haryadi mendapatkan peluang, lewat umpan terobosan Oh In-Kyun. Namun bola keburu disapu oleh barisan pemain belakang PSM. Satu menit berselang, Oh In Kyun menebar ancaman untuk PSM Makassar. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSM, In Kyun melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun bola berada tipis di atas mistar gawang

Tak ingin terus-terusan diserang, PSM balik menekan. Pada menit ke 28 lewat Zulham  yang mendapat umpan jauh dari belakang dan mengecoh Henhen yang mengejarnya dari belakang. Bola ditembakan mengarah ke gawang, namun kiper Persib M Natshir masih sigap mengamankan bola.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Persib mendapat kesempatan dari tendangan bebas. Namun, Igbonefo sudah lebih dulu off-side. Hingga peluit tanda babak pertama ditiupkan, skor masih imbang Persib 0-0 PSM.

Memasuki babak kedua, PSM mulai bermain lebih menyerang. Peluang pertama didapat lewat tendangan bebas Zulham Zamrun di menit ke-51. Zulham lalu menyodorkan bola pendek kepada Bruce yang lantas melanjutkannya menjadi sepakan keras ke dalam gawang. Namun berhasil diamankan oleh oleh M Natsir.

Tak berselang lama, Persib melancarkan serangan balik namun dihentikan handsball Zulkifli Syukur. Wasit langsung mengganjarnya dengan kartu kuning.Kartu kuning kedua didapat Zulkifli di menit ke-54, kali ini dilakukannya dengan melanggar Febri dari belakang. Alhasil Zulkifli diganjar kartu merah oleh wasit.

Unggul pemain, tak membuat Persib leluasa untuk melancarkan serangan. Persib justru kecolongan pada menit ke-59. Djite membawa PSM unggul melalui sepakan mendatar di dalam kotak penalti.

Tertinggal 0-1, Persib mencoba bangkit dengan memanfaatkan Febri di sisi kiri. Tapi sepakannya dari pinggir kotak bisa diamankan Rivki.Di menit ke-71, pelatih kepala Roberto Carlos Mario Gomez kembali melakukan pergantian, Billy Keraf masuk untuk menggantikan Hariono. Di sepuluh menit terakhir, Persib masih mencari gol dengan memanfaatkan tenaga-tenaga segar. Dedi Kusnandar juga dimasukkan untuk mengganti Oh In-Kyun untuk lebih menguasai lini tengah. Namun hingga pertandingan usai, skor  0-1 untuk PSM Makassar tak berubah.

Menanggapi hasil negatif, Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez mengatakan, terhentinya langkah Maung Bandung di penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 tak perlu diratapi berlarut-larut. Ia memastikan, timnya akan langsung menatap Liga 1.

"Tak mengapa kita kalah. Sekarang kita fokus saja. Kita perlu terus bekerja dan berkembang. Kita punya waktu satu bulan untuk ke liga," ujar Gomez seperti dikutip laman Persib.

Gomez menerangkan, kekalahan ini hanya karena penampilan timnya tak konsisten seperti di babak pertama.

"Di babak pertama kita sudah main bagus. Kita masih kehilangan 3-4 peluang. Tapi di babak kedua, mereka kehilangan pemain dan mendapat satu peluang yang jadi gol. Kami tidak main cukup bagus setelah itu," katanya.

Kredit

Bagikan