1. BANDUNG
  2. KULINER

Segudang manfaat makan ikan gabus

Ikan yang hidup di perairan tawar ini ternyata memiliki nilai gizi yang kucup banyak.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Jum'at, 12 Februari 2016 16:44

Merdeka.com, Bandung - Ikan gabus sangat dikenal masyarakat Indonesia. Ikan yang hidup di perairan tawar ini ternyata memiliki nilai gizi yang kucup banyak.

Ikan gabus biasanya hidup dirawa-rawa. Saat masih banyak rawa-rawa, ikan gabus ini harganya murah karena mudah didapat. Sekarang ikan gabus harganya selangit. Bahkan menjadi menu khas di tiap kota.

Informasi dari berbagai sumber, Jumat (12/2): ada sejumlah manfaat makan ikan gabus bagi tubuh Anda:

1. Untuk pembentukan otot

Daging ikan gabus banyak mengandung protein sangat tinggi. Dari 100 gram ikan gabus terdapat 25,2 gram protein. Ini sama dengan ikan lele dan ikan mas. Kandungan protein ini cukup besar, bahkan melebihi daging ayam. Daging ayam 100 gram hanya mengandung 18,2 gram protein. Daging sapi, telur dengan gram yang sama juga masih kalah.

2. Bisa cepat sembuhkan luka

Kandungan protein dalam daging ikan gabus bisa cepat menyembuhkan luka. Albumin adalah salah satu jeni protein yang penting untuk menyembuhkan luka.

3. Bagus untuk pencernaan

Tekstur daging ikan gabus yang empuk sangat bagus untuk pencernaan. Ikan gabus memiliki protein kolegan. Daging ikan ini juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti hepatitis, infeksi paru, typus, dan stroke.

Berikut ini kandungan dalam 100 gram ikan gabus: Kalori: 69 kalori, Protein: 25,2 gram, Lemak: 1,7 gram, Besi: 0,9 miligram, Kalsium: 62 miligram, Phospor: 76 miligram, Vit.A: 150 miligram, Vit.B: 0,04 miligram, Air: 69 gram.

(MH/MH)
  1. Makanan sehat
  2. Ulasan
  3. Info Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA