Tingkatkan kompetensi SDM Untuk Transformasi Digital

user
Endang Saputra 26 April 2022, 18:05 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Komisaris Independent Indosat Ooredoo Hutchison sekaligus CEO Netflix Indonesia, Rudiantara mengatakan, digital hanyalah tools, sementara yang terpenting adalah transformasi diri. Kita harus punya pemikiran, Berubah atau Mati.

"Semua harus berawal dari mindset untuk berkembang. Untuk bertransform, tambahnya," kata Rudiantara dilansir Merdeka Bandung dari Independent Observer.

Hal tersebut diungkap Rudiantara karena melihat era digital dan perkembangan teknologi menuntut setiap orang, tidak terkecuali para perusahaan penyedia jasa, untuk bertransformasi dalam melayani para konsumennya.

Salah satu bentuk layanan konsumen yang begitu identik dengan perkembangan teknologi yaitu pola pelayanan yang awalnya analog atau konvensional, kini sudah berubah dengan pola pelayanan digital. Perubahan pola pelayanan tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk transformasi digital.

Sebagai contoh dari perusahaan penyedia jasa yang berhasil menerapkan transformasi digital adalah Netflix. Awalnya, Netflix dikenal sebagai salah satu content creator. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, Netflix kini mulai bergeser dengan membuat konten original yang mampu dinikmati oleh semua orang.

Transformasi digital tersebut mampu membuat Netflix memberikan layanan hiburan yang lebih maju dengan menyandingkan konten-konten tersebut melalui internet agar mampu diakses oleh para pelanggan secara lebih mudah melalui smartphone, tablet, atau laptop. Strategi bisnis ini diklaim mampu membuat pendapatan Netflix meningkat, bahkan sampai 30 kali lipat.

Selain itu, Rudiantara juga memberikan contoh perusahaan lain yakni Indosat, sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi. Indosat berupaya membantu orang lain untuk bertransformasi.

"Ada perusahaan di luar Jawa, mereka butuh komunikasi, internet, aplikasi dan sebagainya, kita datang, kita punya tools," paparnya.

Selain menyediakan tools, hal lainnya yang perlu diperhatikan terkait transformasi SDM yaitu memberikan pelatihan dan class training mengenai transformasi digital kepada para karyawan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kapabilitas SDM.

Dengan cara tersebut perusahaan mampu mendorong SDM-nya untuk memiliki skills sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan manajemen SDM yang tepat. Perusahaan harus menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat. Dengan demikian SDM dapat memberikan potensi terbaiknya bagi perusahaan.

SDM yang memiliki skills yang tepat dapat membantu akselerasi perusahaan dalam menjawab tantangan usaha untuk layanan dan produk yang lebih efektif dan efisien sekaligus mempercepat proses transformasi digital perusahaan.

 

Credits

Bagikan