7 Tips Mengendarai Mobil Matic yang Aman, Pemula Wajib Baca!

user
Endang Saputra 25 April 2022, 15:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Beredarnya banyak jenis mobil matic menjadi angin segar bagi para pemula yang sama sekali belum mahir dalam mengemudi mobil. Apalagi, dengan adanya aplikasi bengkel mobil, kendala apapun yang kamu alami pada mobilmu, selalu ada mekanik berpengalaman yang siap membantu.

Berbeda dengan mobil manual yang mengharuskan kamu terus-menerus menginjak kopling dengan kaki kiri, mobil matic hanya mengandalkan dua pedal saja, gas dan rem. Namun, meski kesannya sangat mudah untuk mengemudikannya, kamu tetap perlu mengetahui tips mengendarai mobil matic yang benar agar terhindar dari resiko kecelakaan di jalan.

Seperti diketahui informasi dari Helda Sihombing selaku content manager dari Otoklix. Otoklix adalah sebuah startup yang memberikan banyak keuntungan pada para pengguna otomotif, secara khusus roda empat atau mobil.

"Beberapa tips mengendarai mobil matic berikut ini sangat penting untuk kamu ingat khususnya bagi kamu yang masih merupakan pemula dalam mengemudikan mobil."

1. Jangan Langsung Menyalakan Mesin mobil

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam tips mengendarai mobil matic adalah langsung menghidupkan mesin mobil segera setelah memasukkan kunci mobil. Padahal, langkah yang benar adalah kamu harus menunggu terlebih dahulu sampai semua indikator pada mobil sudah aktif dan mengeluarkan suara.

2. Pahami Penggunaan Mode Manual Pada Jenis mobil Matic

Meski berjenis matic, mobil tipe ini juga pada umumnya dilengkapi dengan mode manual. Kelebihannya adalah untuk menggunakan mode manual ini kamu hanya perlu menempatkan tuas pada posisi manual atau ditandai dengan simbol M. Kemudian, untuk memindahkan gigi, kamu cukup menggerakkan tuas pada tanda ‘+’ jika ingin menambahkan gigi atau ke arah tanda ‘-‘ jika ingin mengurangi gigi. Sebelumnya, tekan pedal rem ketika kamu ingin mengoperasikan mode manual ini.

3. Letakkan Tuas Pada Posisi yang Tepat

Tips mengendarai mobil matic yang satu ini wajib kamu ingat karena mobil kamu pasti tidak akan menyala jika posisi tuas berada di tempat yang salah. Ketika kamu hendak menyalakan mesin mobil, tuas harus berada pada posisi P atau posisi N. Sedangkan, jika tuas masih berada pada posisi R (Reverse) yang artinya mundur, maka mobil tidak akan dapat menyala.

4. Pilih Fitur Riding Mode Ketika Berkendara

Pada mode berkendara atau disebut juga dengan riding mode dalam tips mengendarai mobil matic, terdapat beberapa pilihan mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan yang kamu inginkan. Misalnya, mode ekonomis digunakan ketika kamu ingin mengendarai mobil dengan perlahan dan santai. Atau, kamu bisa mengganti mode berkendara menjadi mode sport ketika kamu membutuhkan kecepatan mobil yang maksimal.

5. Kenali Masing-Masing Fungsi Tuas Transmisi Pada Mobil Matic

Tips mengendarai mobil matic yang satu ini tentu wajib untuk kamu pelajari sebelum kamu memutuskan untuk berkendara sendirian. Fungsi gigi mobil atau yang sering disebut juga dengan persneling, merupakan salah satu komponen pada mobil matic yang berpengaruh penting dalam keamanan mengemudi.

Pada umumnya, setiap mobil matic dilengkapi dengan beberapa funsgi transmisi yaitu P, N, D, M, dan R. Pahami fungsi penggunaan masing-masing tuas tersebut serta bagaimana cara memindahkan tuas gigi dengan benar.

6. Ketika Menstarter Mobil Matic Jangan Lupa Untuk Menginjak Pedal Rem

Tips mengendarai mobil matic yang keenam ini sebenarnya bergantung pada jenis mobil matic yang kamu miliki. Beberapa jenis mobil matic tertentu mengharuskan kamu menginjak pedal rem saat sedang menstarter mobil. Sehingga, mobil tidak akan pernah menyala jika kamu lupa untuk melakukan hal tersebut. Namun, sebaliknya, ada juga beberapa jenis mobil matic yang dirancang berbeda sehingga kamu tidak perlu melakukan tips mengendarai mobil matic yang satu ini.

7. Tekan Pedal Rem Bersamaan dengan Ketika Kamu Menggeser Tuas Mobil

Seperti yang sudah kamu ketahui melalui tips mengendarai mobil matic sebelumnya, tuas mobil atau disebut dengan persneling harus berada di posisi N atau P agar dapat dinyalakan.

Karena itu, selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah perlunya menekan pedal rem secara bersamaan saat ingin memindahkan persneling untuk menghindari resiko terjadinya kerusakan mesin pada mobil matic.

Sudah paham kan apa saja tips mengendarai mobil matic dengan benar dan aman? Tips ini tidak hanya ditujukan untuk pemula saja lho, tetapi juga tetap bagi pengemudi yang terbiasa menggunakan mobil jenis manual.

Program GoGoKlix Kasih Kesempatan Gratis Ganti Oli Setahun
Demi meningkatkan layanan serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru yakni www.otoklix.com. Pembaruan website Otoklix ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content.
Untuk merayakan hadirnya website baru Otoklix ini, perusahaan mengadakan promo GoGoKlix, yaitu Gratis Ganti Oli by Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix berkesempatan mendapatkan gratis ganti oli selama satu tahun.

 

 

Credits

Bagikan