Kerjasama SCCIC ITB dan Pemerintah Berlin Untuk Program Jakarta Smart Change

user
Endang Saputra 08 Juni 2022, 18:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Institut Teknologi Bandung melalui Smart City and Community Innovation Center (SCCIC ITB) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Negara Bagian Berlin, Jerman. Kerjasama ini dibuat dalam proyek “Smart Change - Memperkuat Tata Kelola Perkotaan, Kemakmuran dan Inovasi di Jakarta” yang didanai oleh Uni Eropa di bawah kepemimpinan Senat Berlin Departemen Urusan Ekonomi dan Energi.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung terlaksananya transformasi digital dan program transformasi kota 4.0 di DKI Jakarta. Dalam hal ini, SCCIC sebagai pusat penelitian yang berfokus di bidang smart city ditunjuk sebagai konsultan kajian mengenai tata kelola pemerintahan yang baik, basis data perkotaan dan kualifikasi organisasi dalam bentuk Smart City Roadmap termasuk perencanaan implementasi program Jakarta Smart Change.

Saat ini, SCCIC telah mengembangkan konsep pembangunan smart city yang disebut dengan Garuda Smart City Framework (GSCF). Konsep ini telah diimplementasikan di beberapa kota di Indonesia. Konsep inilah yang dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan Smart City Roadmap bagi keberlangsungan program.

Kepala SCCIC ITB, Prof. Suhono H. Supangkat menjelaskan bahwa di dalam GSCF setidaknya meliputi tiga aspek, yakni smart economy, smart society dan smart environment. Aspek-aspek ini dapat tercapai apabila terjadi hubungan yang baik antara tiga komponen yakni resources, enabler dan process.

Resources merupakan sesuatu yang tersedia dan dapat digunakan oleh
kota tersebut. Enabler adalah teknik atau metode apapun yang memungkinkan terlaksananya suatu proses atau aktivitas. Sedangkan Process adalah inisiatif atau kegiatan yang dilakukan oleh enabler.

Di balik itu, Suhono menyebutkan bahwa kunci keberhasilan smart city bukan hanya terletak pada teknologi melainkan melibatkan aspek pengelolaan data.

"Data adalah sumber daya. Banyak orang belum melihat data itu sebagai modal. Dengan data, kita bisa lakukan keputusan-keputusan yang tepat, sehingga arah kita ke depan lebih baik," jelas Suhono dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Selain SCCIC, proyek ini juga akan melibatkan kolaborasi pemangku kepentingan dari berbagai macam bidang untuk berbagai pandangan dan ide dalam mewujudkan solusi inovatif. Kerjasama ini akan menghasilkan analisis dari data-data yang terkumpul dalam tiap bidang berbeda sehingga data yang didapat lebih luas agar dapat mempermudah menentukan solusi yang tepatdalam menyelesaikan masalah perkotaan khususnya di DKI Jakarta.

Sejalan dengan agenda UN 2030 dan SDGs, proyek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempromosikan tata pemerintahan yang baik dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan di Jakarta.

Kredit

Bagikan