Aneka makanan tapioka yang menggoda

user
Muhammad Hasits 10 Desember 2015, 17:26 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tepung tapioka/kanji atau dikenal dengan tepung aci oleh orang Sunda merupakan salah satu bahan makanan yang kini semakin digemari.

Kehadiran tepung aci kini diaplikasikan menjadi beragam jenis penganan. Salah satu makanan populer dari tepung aci adalah cireng. Kini, makanan tersebut tak hanya tenar di Bandung, namun beberapa kota lain.

Cireng (Aci Digoreng)

Diolah dari tepung aci, garam, air, serta sedikit tepung maizena, cireng merupakan cemilan yang tak pernah turun pamornya. Jajanan murah meriah itu kini hadir dengan inovasi anyar.

Bila dulu cireng hanya merupakan gorengan dari tepung aci yang disantap langsung tanpa menggunakan bumbu, kini hadir inovasi anyar dua jenis bumbu cireng, yakni bumbu kacang serta bumbu rujak.

Cireng bumbu rujak ini tengah happening di kalangan pecinta jajan di Bandung. Rasanya yang pedas dan manis ini memberikan rasa segar yang membuat ketagihan.

Tak hanya itu, ada pula cireng dengan beragam isian. Mulai dari isi keju, sosis, ayam, daging sapi, bakso, kacang, barbeque, hingga rasa pizza.

Cimol (Aci Digemol)

Maksud dari digemol berarti dibuat bulat-bulat dengan ditekan secara perlahan. Cimol merupakan adonan tepung kanji yang dibuat bulat-bulat kemudian digoreng hingga matang.

Cimol biasanya disantap dengan bumbu kacang, atau beberapa varian bumbu kering seperti keju, gurih, barbeque, ataupun pedas dengan cabai yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Cilok (Aci Dicolok)

Ini salah satu olahan tepung aci yang juga favorit. Sebenarnya tak berbeda jauh dengan cimol, hanya saja cilok diproses dengan cara dikukus dan terdapat isian pada bagian dalam.

Kini isian cilok semakin beragam. Jika dulu hanya terdapat satu macam yakni lemak daging, kini terdapat isian sosis, bakso, keju, telur, daging ayam, daging sapi, serta kacang.

Cilok kemudian disiram dengan saus kacang atau saus tomat. Penganan ini akan lebih nikmat disantap kala panas dan bumbu yang memiliki cita rasa pedas.

Kredit

Bagikan