1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Wali Kota Bandung gencar sosialisikan program 'Kang Pisman' ke sekolah-sekolah

"Ini penting bagi kita. Jika ini berjalan dengan baik saya yakin kedepan Bandung bakal lebih bersih," kata Oded.

Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 29 Oktober 2018 12:08

Merdeka.com, Bandung - Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial gencar melakukan sosialisasi program Kang Pisman ke sekolah-sekolah. Salah satu lokasi yang disambangi oleh wali kota yakni SMKN 6 Bandung.

Tak hanya siswa-siswi SMKN 6, di sana juga ada sekitar 3.000 perwakilan dari sekolah-sekolah di Kota Bandung mulai dari SMA, SMK dan MA.

Oded mengatakan, sosialisasi gerakan Kang Pisman ini gencar dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait persoalan sampah. Dengan digencarkannya gerakan Kang Pisman ini, diharapkan akan semakin akrab di telinga masyarakat yang pada ujungnya menjadi budaya.

"Suatu saat gerakan ini akrab ditelinga warga dan menjadi sebuah trend dikalangan masyarakat. Sehingga saat orang nanya musim apa di Kota Bandung saat ini, orang Bandung jawab lagi musim Kang Pisman. Jika hal itu sudah terjadi artinya sosialisasi Kang Pisman kita sudah berhasil dan Kang pisman (Kurangi, pisahkan dan manfaatkan sampah) sudah jadi budaya kita," ujar Oded kepada wartawan di lokasi.

Oded menyebut, penanganan sampah menjadi salah satu program prioritas Pemkot Bandung. Sebab jika tidak ditangani secara serius sampah akan memjadi bom waktu. Sehingga dibutuhkan upaya masif untuk mengedukasi masyarakat.

"Menurut saya menyelesaikan masalah samapah tidak cukup sekedar launching dan launching program saja, kita butuh sebuah gerakan. Makanya Mang Oded Kang Yana dan semua dinas, pemprov dan Kanwil Kemenkum HAM kita ajak terus mengkamoanyekan Kang Pisman," kata dia.

Menurut Oded gerakan Kang Pisman ini akan terus disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan lewat gerakan ini dapat membuat Bandung semakin bersih.

"Ini penting bagi kita. Jika ini berjalan dengan baik saya yakin kedepan Bandung bakal lebih bersih," kata dia.

Diketahui, Pemerintah Kota Bandung menggagas program 'Kang Pisman' sebagai salah satu solusi untik menangani persoalan sampah. Kang Pisman sendiri merupakan kependekan dari kurangi sampah makanan, pilah sampah dan manfaatkan sampah menjadi nilai jual. Program ini merupakan langkah Pemkot Bandung untuk mengedukasi masyarakat dengan memilah dan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis.

(ES/DR)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA