1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Waktu debat ke dua Pilwalkot bersamaan dengan pertandingan Persib

Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) menjadi salah satu paslon yang keberatan.

Debat Publik. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Sabtu, 14 April 2018 14:07

Merdeka.com, Bandung - Pelaksanaan debat publik kedua Pilwalkot Bandung yang akan digelar Minggu (15/4) malam bersamaan dengan jadwal pertandingan Persib. Untuk diketahui, pertandingan Persib melawan Arema dalam lanjutan Liga 1 2018 akan dimulai pukul 18.30 WIB yang disiarkan langsung di televisi nasional. Sementara debat publik kedua Pilwalkot Bandung akan dimulai pukul 19.30 WIB yang juga disiarkan secara langsung di televisi nasional.

Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) menjadi salah satu paslon yang keberatan. Ruli bahkan menyinggung, pelaksanaan acara yang bersamaan antara debat Pilwalkot dan pertandingan Persib merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya dalam acara debat pertama yang disiarkan secara tunda bersamaan dengan pertandingan Persib.

KPU Kota Bandung melalui salah satu komisionernya Suharti memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Menurut Suharti tahapan debat yang masuk ke dalam kampanye telah disusun jauh-jauh hari. Jadwal ini telah ditetapkan pada Februari lalu sebelum jadwal Persib yang baru dirilis bulan Maret. Jadwal ini kata dia telah disepakati oleh semua tim pasangan calon saat itu.

"Ketika kita menentukan jadwal itu kan disepakati oleh semua pasangan calon. Ketika kita menetapkan jadwal itu tanggal 14 Februari 2018 kita bikin berita acaranya dan ditandatangani oleh semua tim pasangan calon, sedangkan jadwal Persib kan baru Maret," ujar Suharti kepada Merdeka Bandung saat dihubungi lewat ponselnya.

Menurut Suharti jika jadwal debat harus diubah maka akan berdampak kepada perubahan lainnya. Dia mencontohkan seperti perubahan berita acara, SK KPU terkait jadwal kampanye hingga adendum lelang.

"Kalau kita merubah jadwal berati kita harus merubah berita acara, kita harus merubah surat keputusan kpu terkait jadwal kampanye. Kita juga harus melakukan adendum lelang, karena debat kedua ini kan dilakukan dengan lelang. Berati kalau namanya lelang kan ketika ada perubahan apa-apa sekecil apapun harus adendum lelang. Terlalu riskan juga kalau kita harus melakukan perubahan," katanya.

Selain itu, kepada pihak stasiun TV juga akan berdampak. Sebab dalam perjanjian, acara debat akan disiarkan tanggal 15 April secara langsung.

"Pihak TV One juga kan ketika lelang tahunya tanggal 15 kan dan agak riskan juga ketika harus mundur atau maju, karena TV One harus melakukan penayangan debat di beberapa daerah yang lain," ujarnya.

(MT/DR)
  1. Pilwalkot Bandung
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA