1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Tinggalkan Bandung sepekan, Ridwan Kamil kunker ke Eropa

Salah satu agendanya ialah menghadiri business meeting Indonesia-Belgia di Brussels.

Ridwan Kamil. ©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 10 Oktober 2017 10:22

Merdeka.com, Bandung - Guna mendorong promosi Kota Bandung ke luar negeri, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja (kunker) ke berbagai negara di Eropa. Emil dan tim akan berada di Eropa selama sepekan.

Kepala Bagian Kerjasama Dodit Ardian Pancapana menuturkan, agenda pertama yang akan dilakukan Emil adalah mendampingi Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla menghadiri kegiatan Europalia di Kota Brussels, Belgia.

Europalia adalah festival seni dan budaya internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Belgia dan negara sekitarnya. Tahun 2017 ini Indonesia, melalui Kedutaan Besar RI di Brussels, terpilih menjadi tuan rumah acara. Di ajang tersebut, Emil juga mengantar delegasi budaya dari Kota Bandung yang akan menampilkan kesenian Sunda pada ajang internasional itu.

Agenda selanjutnya, Emil akan menghadiri business meeting Indonesia-Belgia di Brussels. Di sana, ia akan melakukan diplomasi, mengajak para pengusaha Belgia untuk berinvestasi di Bandung.

Masih di Belgia, Emil juga akan pergi ke Kota Namur untuk menandatangani kerja sama Sister City. Sebelumnya, ia bersama tim telah mengunjungi kota tersebut untuk penjajakan potensi kerja sama.

Di Namur, tim Pemerintah Kota Bandung juga melaksanakan persiapan pengadaan Little Bandung Store di kota tersebut. Hal ini menambah daftar pendirian Little Bandung Store di luar negeri.

Usai di Namur, Emil juga akan bertolak ke negara lain untuk penjajakan Little Bandung Store. Kota-kota yang akan dituju antara lain Bucharest (Rumania), Praha (Ceko), dan Kiev (Ukraina).

"Di Bucharest, Pak Wali Kota akan menyampaikan public lecture (kuliah umum) juga," kata Dodit.

Adapun SKPD yang mendampingi Emil dari pemerintah kota antara lain Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Bagian Kerjasama, dan dukungan penampilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Minggu 15 Oktober, beliau sampai di Indonesia," ungkap Dodit.

(FF/DR)
  1. Ridwan Kamil
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA