1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Siklon Tropis Dahlia, wilayah Bandung Raya dilanda angin kencang

Dampak dari Siklon Tropis Dahlia ini membuat potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Jawa Barat.

Siklon Tropis Dahlia. ©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 30 November 2017 15:40

Merdeka.com, Bandung - Sejak pagi hari wilayah Kota Bandung dan sekitarnya dilanda angin kencang serta hujan dengan intensitas ringan. Kecepatan angin yang tercatat dari alat pencatat kecepatan angin milik BMKG bahkan mencapai 52 kilometer per jam.

Prakirawan BMKG Bandung M Iid Mujtahiddin mengatakan, salah satu penyebab angin kencang yang terjadi di wilayah Bandung Raya merupakan dampak regional dari adanya siklon Tropis Dahlia di sebelah barat daya Jawa Barat.

"Awal mula terbentuk di sebelah Barat Daya Bengkulu dan terus bergerak ke arah Timur Tenggara menjauhi wilayah Indonesia. Diprakirakan sampai tanggal 3 Desember 2017 masih aktif dan menjauhi wilayah Indonesia," kata Iid kepada Merdeka Bandung melalui pesan singkat, Kamis (30/11).

Menurut Iid, berdasarkan pantauan alat pencatat kecepatan angin di Stasiun Geofisika Bandung pada tanggal 30 November 2017, angin kencang memang terjadi sejak pagi hari. pada pukul 07.00 tercatat kecepatan angin sebesar 18 kilometer per jam. Kemudian pada pukul 08:00, kecepatan angin meningkat menjadi 52 kilometer per jam. Pada pukul 09:00 kecepatan angin menurun menjadi 49 kilometer per jam, dan kembali menurun pada pukul 11:00 yakni dengan kecepatan 36 kilometer per jam dan pukul 12:00 wib kecepatan angin kembali naik menjadi 39,6 kilometer per jam.

"Ini penyebab angin karena faktor lokal," katanya.

Iid mengungkapkan, dampak dari Siklon Tropis Dahlia ini membuat potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Jawa Barat. Selain itu juga terjadi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knot sehingga perlu di waspadai terhadap bahaya pohon tumbang, bangunan atau objek seperti reklame, baliho dan sebagainya roboh

"Informasi maritim terkait tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat yang mencapai 6 atau 7 meter. Sehingga dihimbau kepada nelayan atau masyarakat yang mau berwisata pantai di pesisir selatan untuk selalu memantau informasi yang disampaikan oleh BMKG dan sebaiknya nelayan tidak melaut terlebih dahulu sampai kondisi siklon Tropis Dahlia mulai melemah," pungkasnya.

(FF/DR)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA