Dinsos Kota Bandung amankan empat pengemis pura-pura cacat

user
Muhammad Hasits 09 Agustus 2016, 18:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung melakukan penjangkauan terhadap pengemis dengan modus pura-pura cacat. Berdasarkan catatan dinsos ada empat orang pengemis yang telah dijangkau di sejumlah titik Kota Bandung.

Kepala Dinsos Kota Bandung Aji Sugiyat mengatakan modus yang dilakukan oleh para pengemis ini yakni dengan memperlihatkan salah satu bagian tubuhnya yang tidak lengkap. Mereka memanfaatkan rasa iba dari warga yang melihat agar memberi uang.

"Pengemis-pengemis nakal ini memanfaatkan rasa iba untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.  Beberapa bulan ini memang kita menjangkau pengemis yang pura-pura cacat.  Sudah ada empat yang kita jangkau," kata Aji saat dihubungi, Selasa (9/8).

Menurut Aji, empat pengemis tersebut dijangkau di lokasi berbeda. Modus yang dilakukan saat mereka menjalankan aksinya pun berbeda-beda.

Aji menyebut ada pengemis yang pura-pura tertelungkup tanpa tangan. Padahal kedua tangannya disembunyikan di balik kaos yang dikenakan.

Selain itu kata Aji ada pula yang memasukan kakinya di selokan sehingga terlihat buntung. Pengemis tersebut dijangkau di kawasan Cihampelas.

"Ada pula yang berpura-pura luka hingga membusuk. Padahal modusnya menaruh cairan dengan bau tidak sedap agar dihinggapi lalat," katanya.

Aji mengaku belum bisa memberikan sanksi kepada para pengemis dengan modus pura-pura cacat  tersebut. Karena  pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi.

"Kami masih harus berkoordinasi dengan kepolisian. Tugas Dinsos hanya menjangkau dan merehabilitasi supaya tidak kembali ke jalan," ucapnya.

Untuk itu, Aji mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan uang ke pengemis. Sebab jika masyarakat masih memberi, maka mereka akan terus melakukan aksi meminta-meminta di jalan dengan modus tersebut.

"Saya imbau warga juga tidak memberikan uamg kepada pengemis. Pasalnya jika masih diberi, maka pengemis tidak akan jera meminta-minta," pungkasnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunggah sebuah video pengemis yang pura-pura cacat. Dalam video tersebut diketahui  pengemis tersebut pura-pura tertelungkup tanpa tangan. Nyatanya tangannya lengkap disembunyikan di balik kaos yang dikenakan.

Kredit

Bagikan