Server down Observatorium Bosscha gagal sajikan tayangan live streming

user
Farah Fuadona 09 Maret 2016, 18:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Fenomena Gerhana Matahari Parsial berhasil disaksikan oleh ribuan pasang mata yang memadati Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (9/3) pagi. Selain memberikan akses kepada masyaralat untuk melihat secara langsung di lokasi, pihak Bosscha rencananya menayangkan live streaming proses Gerhana Matahari. Namun tayangan live streming gagal karena server down.

"Iya enggak bisa live streaming. Servernya tiba-tiba down dari pagi tadi," ujar staf peneliti Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar kepada Merdeka Bandung saat ditemui di sela pengamatan.

Evan menuturkan, rencanaya tayangan live streming dapat disaksikan di laman http://bosscha.itb.ac.id. Dengan adanya tayangan live streming membuat masyarakat yang tidak dapat datang langsung ke Bosscha dapat melihat langsung proses Gerhana Matahari melalui website.

Evan mengaku belum bisa memastikan terkait penyebab server down. Namun besar kemungkinan, server down karena banyaknya pengakses internet yang ingin melihat tayangan streming.

"Ya mungkin banyak yang akses. Jadi servernya down," kata Evan.

Namun demikian, Evan mengungkapkan dari hasil pengamatan, proses Gerhana Matahari terlihat secara jelas.Gerhana matahari terjadi pada pukul 6.20 WIB hingga 8.20 WIB dengan titik puncaknya terjadi pada pukul 07.20 WIB..

Menurut Evan, proses pegamatan didukung dengan kondisi cuaca yang cerah. Sehingga para peneliti dapat menyaksikan langsung fenomena Gerhana Matahari Parsial.

"Tadi kita sempat khawatir ada awan. Namun proses gerhana teramati dengan baik. Ini momen terbaik gerhana matahari parsial," kata Evan.

Pihak Bosscha sendiri lanjut Evan menyiapkan tiga teleskop reflector dan 100 kacamata matahari yang disediakan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Awalnya kita sediakan 100 kacamata bagi masyarakat yang ingin menyaksikan. Kita pinjamkan itu kepada masyatakat dan dan itu free (gratis). Rupanya antusiasme masyatakat sangat tinggi sekali,"pungkasnya.

Kredit

Bagikan