Ridwan Kamil ajak warga Shalat Gerhana di Masjid Raya Bandung

user
Farah Fuadona 08 Maret 2016, 16:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Fenomena alam Gerhana Matahari akan terjadi pada Rabu (9/3) besok. Masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam yang terbilang langka tersebut, termasuk di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak warga Bandung untuk melakukan Shalat Gerhana. Rencananya Ridwan akan melakukan Shalat Gerhana di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

"Jam 6 kita ada Shalat Gerrhana sama-sama di Masjid Agung," ujar Ridwan di sela acara Musrenbang Kota Bandung 2016 yang digelar di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Selasa (8/3).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, sebelum melaksanakan Shalat Gerhana. Dia juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah. Setelah itu dilanjut dengan Shalat Gerhana.

Ridwan Kamil ajak warga Sholat Gerhana
© 2016 merdeka.com/Instagram Ridwan Kamil


"Besok saya akan Shalat Subuh bareng, untuk lanjut Shalat Gerhana jam enam. Jadi Saya undang warga Bandung, ayo bareng Pak Wali Shalat Subuh sama-sama di Masjid Agung," ungkapnya.


Dia berharap, dengan ajakan tersebut dapat membuat warga Bandung untuk menjadi pribadi yang soleh. "Setelah sholat subuh saya ada paparan wejangan kepada warga Bandung. Mudah-mudahan warganya 'saroleh  baregeur' (soleh, baik), ikut wali kotanya Subuh bareng," pungkasnya.

Untuk diketahui, Gerhana Matahari Total sendiri merupakan fenomena alam yang terjadi pada saat bulan melintas tepat di antara Bumi dan Matahari yang mengakibatkan bayangan bulan jatuh di permukaan bumi.
Indonesia menjadi satu-satunya wilayah daratan di dunia yang menyaksikan fenomena tersebut. Sedangkan wilayah lainnya yang akan  mengalami gerhana tersebut adalah Samudera Hindia dan Pasifik.

Di Indonesia Gerhana  Matahari Total pernah terjadi pada 11 Juni 1983. Peristiwa ini akan terjadi lagi pada 9 Maret 2016 besok. Gerhana matahari total ini akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit.

Kredit

Bagikan