Tahun 2016 ini diprediksi bakal terjadi 5 kali gerhana di Indonesia

user
Mohammad Taufik 10 Februari 2016, 12:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gerhana Matahari Total (GMT) sudah diprediksi jauh-jauh hari bakal melintasi beberapa wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016. Prediksi ini sudah sejak lama dilaporkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) serta lembaga pemerintahan lainnya.

Namun ternyata, selain GMT pada 9 Maret nanti, ternyata di Indonesia pada tahun ini juga diprediksi bakal terjadi beberapa gerhana lainnya pada tanggal dan bulan berbeda. Seperti dilansir dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), setidaknya 5 gerhana bakal terjadi sepanjang tahun ini.

Lima gerhana tersebut yakni:

1. Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 yang dapat diamati dari Indonesia.
2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 23 Maret 2016 yang dapat diamati dari Indonesia
3. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 18 Agustus 2016 yang dapat diamati dari Indonesia
4. Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada 1 September 2016 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
5. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 16-17 September 2016 yang dapat diamati dari Indonesia

BMKG sendiri bertugas memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi Gerhana Bulan dan Matahari.

Adapun untuk detail informasi GMT, BMKG menjelaskan nanti dapat diamati di Asia bagian Selatan, Asia bagian Timur, Asia bagian Tenggara, Australia bagian Utara, Samudra Pasifik, dan sedikit daerah Amerika bagian Utara. Adapun untuk daerah yang akan terlewati jalur totalitas adalah Indonesia dan Samudra Pasifik.

Di Indonesia sendiri, GMT melintasi 45 kota dan kabupaten di 12 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Jambi bagian Selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Adapun daerah lainnya hanya bisa mengamati Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana tertentu. Untuk penjelasan detailnya Anda bisa lihat di link berikut ini: http://data.bmkg.go.id/share/Dokumen/gerhana_matahari_total_9_maret_2016.pdf

Kredit

Bagikan