Ini jadwal terjadinya gerhana matahari pada 9 Maret 2016

user
Muhammad Hasits 27 Januari 2016, 10:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kejadian langka gerhana matahari total (GMT) bakal terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016. Gerhana diprediksi bakal terjadi di 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia. Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

GMT di 10 provinsi tersebut nanti akan berlangsung selama 4 menit 9 detik. "Luwuk menjadi daerah yang dilintasi gerhana dengan durasi paling lama, sekitar 2 menit 50 detik, pukul 08.41 WITA," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari situs LAPAN, Selasa (05/01).

Mengamati gerhana matahari, Thomas menjelaskan, memerlukan cara tertentu agar aman. Thomas menyarankan untuk menggunakan kacamata matahari yang dilapisi filter khusus matahari. Hal ini untuk mencegah kerusakan mata jika mengamati secara langsung tanpa alat bantuan.

Berikut ini jadwal lengkap gerhana matahari yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 seperti dilansir dari situs lapan.go.id:

Kredit

Bagikan