Amien Rais harap Buni Yani diputus bebas

user
Muhammad Hasits 14 November 2017, 12:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Amien Rais tampak hadir dalam persidangan Buni Yani di Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bandung, Selasa (14/11/2017). Sebelum memasuki ruang sidang, ia menyempatkan untuk melakukan orasi di atas mobil komando bersama massa pendukung Buni Yani di luar gedung.

"Jangan sampai keadilan tidak ditegakkan. Saya ingin mengajak semua untuk membela Buni Yani yang dikriminalisasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Amien berharap hakim memberikan keputusan berdasarkan keadilan. "Mudah-mudahan (keputusan hakim) masuk akal, syukur-syukur dibebaskan. Tapi kalau tidak bisa, masih ada banding," jelasnya.

Amien mengapresiasi demonstrasi dilakukan secara tertib. "Usaha kita yang demokratis mudah-mudahan mendapat hasil baik," ucapnya.

Jika keputusan tidak sesuai yang diharapkan, Ia berjanji akan membantu dalam upaya hukum. "Mudah-mudahan keputusan yang diberikan hakim adalah kabar gembira. Kalau (vonisnya) enteng kita terima, kalau berat kita akan lanjutkan usaha," katanya.

Sidang pembacaan vonis masih berlangsung. Sementara di luar ruang sidang ratusan pendukung Buni Yani juga tengah melakukan aksi unjuk rasa.

Buni Yani sendiri sebelumnya sudah dituntut oleh jaksa yang diketuai Andi M Taufik dengan tuntutan dua tahun penjara. Selain itu terdakwa juga dikenakan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan kurungan.

Menurut Andi, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 32 ayat 1 jo pasal 48 ayat 1 Undang - Undang RI nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Eleltronik jo Undang - Undang RI nomor 19/2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11/2008 tentang ITE.

Kredit

Bagikan