Ridwan Kamil jenguk Anisa Salim, siswi SMP yang tak sengaja menelan jarum pentul

user
Mohammad Taufik 02 Oktober 2017, 10:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjenguk Anisa Salim (14), siswi kelas IX SMPN 1 Rancakalong Sumedang yang harus dioperasi karena menelan jarum pentul saat merapikan hijab. Bersama sang istri, Atalia Praratya, Ridwan Kamil menjenguk Anisa di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Minggu (1/10).

Pria yang akrab di sapa Emil ini mengatakan tujuan kedatangannya ke RSHS karena keinginan dari Anisa yang ingin bertemu dirinya. Untuk itu Emil sengaja menyempatkan waktu untuk menjenguk Anisa di RSHS.

"Saya datang ke sini untuk memberikan semangat," ujar Emil kepada wartawan usai menjenguk Anisa di RSHS.

Anisa yang ditemani sang ibu, Siti Jahroh (51), tak kuasa menahan haru saat mengetahui kedatangan Kang Emil dan istri. Keduanya menyalami Emil dan Atalia sembari meneteskan air mata.

Atalia yang datang sambil membawa boneka beruang besar lalu memeluk Anisa dan mendoakan agar tetap bersabar menjalani pengobatan ini.

Melihat peristiwa yang menimpa Anisa, Emil berpesan kepada wanita muslim agar mengambil hikmah dari kejadian ini. Ia mengingatkan agar berhati-hati dengan jarum yang digunakan untuk kerudung.

"Jangan sekali-kali menggunakan mulut sebagai tempat penyimpanan karena harga pengobatannya jauh lebih mahal daripada jarum pentulnya," kata Emil.

Ia juga menekankan kepada para orang tua untuk mengajarkan putri-putrinya tata cara memakai kerudung yang aman.

"Kepada ibu-ibu tolong melatih anak-anak cara memakai jilbabnya yang aman dan mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi," katanya.

Kejadian memilukan yang menimpa Anisa Salim terjadi pada 18 September lalu. Siswi kelas IX SMPN 1 Rancakalong Sumedang ini harus dioperasi karena menelan jarum. Saat itu ia tengah merapikan kerudungnya dan menyimpan jarum di mulutnya, tiba-tiba ia tersenggol temannya sehingga jarum di mulut tertelan.

Saat itu ia lantas dibawa ke puskesmas terdekat oleh pihak sekolah. Puskesmas lalu merujuk ke Rumah Sakit Umum Sumedang. Namun karena keterbatasan peralatan, ia lalu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung.

Sejak Rabu, 27 September 2017, Anisa telah mendapat penanganan di RSUP Hasan Sadikin dan tinggal menunggu giliran untuk operasi. Segala pembiayaan sepenuhnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Saat Anisa dirawat di rumah sakit, ia mengatakan ingin bertemu dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kabar tersebut sampai ke telinga orang nomor satu di Kota Bandung itu. Minggu (1/10), di sela-sela kesibukannya, orang nomor satu di Kota Bandung tersebut menyempatkan datang bersama sang istri.

Sementara itu di temui di kamar rawat, Anisa mengaku sangat senang dapat berjumpa dengan Kang Emil. "Sangat senang, bisa ketemu idola," katanya sambil menahan sakit.

Kredit

Bagikan