Pesawat N219 buatan PT DI sukses terbang perdana

user
Farah Fuadona 16 Agustus 2017, 11:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) resmi terbang perdana pada Rabu (16/8) pagi ini. Sebelum diterbangkan, pesawat tersebut sudah melakukan rangkaian pengujian pada 9 Agustus 2017 lalu.

Pesawat N219 itu diterbangkan di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran nomor 154 Bandung, sekitar pukul 09.13 WIB. Sorak sorai bangga ratusan karyawan dan tamu undangan mewarnai ketika pesawat berwarna putih tersebut untuk kali pertamanya lepas landas.

Flight test atau uji coba penerbangan N219 disaksikan langsung Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Direktur Jenderal Perhubung Agus Santoso, Direktur Utama PT DI Budi Santoso serta pejabat teras PT DI.

Budi Santoso mengatakan, purwarupa pesawat N219 tersebut akan mengudara di langit-langit Bandung selama 20 menit. Adapun rute yang ditempuh yakni kawasan Batujajar dan Waduk Saguling Kabupaten Bandung Barat.

"Nanti pesawat akan kembali landing di sini," kata Budi disela-sela penyaksian flight test.

Captain Esther Gayatri Saleh yang merupakan Chief Pilot PT DI dipercaya untuk menerbangkan pesawat berkapasitas 19 orang tersebut. Esther didampingi juga Captain Adi Budi Atmoko sebagai first officer. Selain itu bagian awak turut serta juga Pilot in command dan first officer serperti Yustinus K selaku Flight Test Engineer (FTE) untuk memastikan tahapan pengujian terbang dan menjamin unsur keselamatannya.

Kredit

Bagikan