Program RW Mandiri diterapkan di Kota Bandung

user
Muhammad Hasits 04 Maret 2017, 12:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial meluncurkan program RW Mandiri di RW 09 di Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Sabtu (4/2). Program RW Mandiri tersebut merupakan upaya membangun keswadayaan masyarakat melalui infaq dan shadaqah.

Oded menjelaskan, setiap minggunya, satu RT bisa mengumpulkan dana hingga Rp 3 juta atau lebih. Dana ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan di tingkat RW.

"Segala kebutuhan masyarakat nantinya dapat dipenuhi oleh masyarakat itu sendiri. Kami sebagai pemerintah menciptakan sistem" ujar Oded.

Menurut Oded, Pemkot Bandung sendiri telah menggulirkan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK). Program ini khusus diperuntukkan pembangunan di tingkat kewilayahan.

“Jadi dari pemerintahnya ada PIPPK, dari warga ada RW mandiri. Ini menunjukkan bahwa potensi umat sesungguhnya ada pada diri mereka sendiri,” katanya.

Oded mengatakan, dalam program RW Mandiri inilah yang dapat membantu segala kebutuhan yang ada di masyarakat. Adapun untuk pengawasan program ini lanjut Oded, program ini diawasi, dibangun serta diciptakan oleh masyarakat.

"Dari masyarakat untuk masyarakat oleh masyarakat. Pengawasannya diserahkan kembali ke masyarkat. Saya harap pengurus RW tidak direkomendasikan untuk menjadi pengurus program ini supaya tidak timbul kecurigaan" pungkasnya.sd

Kredit

Bagikan