Kereta Api Mutiara Selatan kini hadir dalam kelas eksekutif

user
Muhammad Hasits 07 Maret 2017, 12:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kereta api mutiara selatan merupakan salah satu kereta favorit dengan jalur yang banyak diminati. Jika selama ini penumpang hanya bisa memanfaatkan fasilitas kelas bisnis kala melewati perjalanan dengan kereta api mutiara selatan, kini hadir kelas anyar yakni eksekutif yang lebih nyaman.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, setelah memperpanjang rute jalannya yang semula hanya Bandung menuju Surabaya Gubeng menjadi Bandung menuju Surabaya Gubeng dan berlabuh ke Malang pada Oktober lalu, kini kereta api mutiara selatan kembali mengalami perubahan.

"Mulai tanggal 13 Maret nanti, kereta api mutiara selatan akan mengalami perubahan dengan hadirnya penambahan kelas pelayanan untuk penumpangnya. Jika sebelumnya hanya melayani kelas bisnis, maka mulai tanggal 13 Maret susunan rangkaiannya berubah menjadi dua kelas yaitu bisnis dan eksekutif," ujar Joni kepada Merdeka Bandung, Senin (6/3).

Hadirnya penambahan kelas anyar untuk kereta api mutiara selatan dilakukan sebagai upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasanya.

"Dengan penambahan kelas ini masyarakat akan mempunyai pilihan kelas eksekutif dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api mutiara selatan. Kereta api mutiara selatan selama ini menggunakan rangkaian enam kereta kelas bisnis maka dengan ada penambahan kelas, rangkaiannya berubah menjadi tiga kereta kelas eksekutif dan empat kereta kelas bisnis," jelasnya.

Kelas eksekutif, lanjut dia, mempunyai kapasitas tempat duduk lebih sedikit dibandingkan kelas bisnis. Pada kelas eksekutif hanya terdapat 50 tempat duduk sedangkan di kelas bisnis terdapat 64 tempat duduk.

Jika pada kelas bisnis posisi tempat duduknya tidak bisa diatur dan tidak terdapat pemisah dengan tempat duduk lain, maka di kelas eksekutif tempat duduknya bisa disesuaikan, terdapat sandaran kaki, dan terdapat pemisah antara satu tempat duduk dengan tempat duduk lainnya.

Disinggung mengenai harga, Joni menyampaikan bahwa untuk kelas eksekutif harganya mulai Rp 365.000 dan kelas bisnis mulai Rp 270.000.  Joni menambahkan bahwa kereta api mutiara selatan dan kereta-kereta lainnya bisa dipesan rombongan dengan minimal pemesanan sebanyak 20 orang.

Bahkan menurutnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bisa mengusahakan tiket terusan menggunakan kereta lain jika penumpang ingin melanjutkan perjalanan dengan rute berbeda. Untuk pemesanan tiket bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan dan pembeliannya bisa dilakukan di gerai-gerai mini market tertentu.

Kredit

Bagikan