1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pengamanan Bandara Husein Sastranegara diperketat

Masyarakat yang menemukan atau melihat hal mencurigakan dapat melaporkan ke petugas.

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 14 Mei 2018 15:03

Merdeka.com, Bandung - Pasca rentetan aksi teror di Surabaya, TNI AU memperketat pengamanan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (14/5). Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh kendaraan serta barang bawaan milik calon penumpang maupun pengantar yang menuju Bandara Husein Sastranegara.

Kendaraan yang menuju bandara dihentikan oleh Polisi Militer (POM) AU bersenjata laras panjang. Petugas memeriksa seluruh bagian kendaraan dan barang bawaan yang dibawa.

Dansatpomau Lanud Husein Sastranegara Mayor Pom Made Oka mengatakan, kegiatan ini melibatkan berbagai unit satuan mulai dari personel Pomau Lanud Husein Sastranegara, Pasukan Hanlan (Pertahanan Pangkalan), Satuan Satwa dari Pomau Lanud Husein Sastranegara, Personel Intelpam serta personel Avsec (Aviation Security) Bandara Husein Sastranegara. Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh kendaraan yang menuju Bandara Husein Sastranegara.

"Kita lakukan sweeping kendaraan dengan cara random atau acak, dengan melibatkan personel Pomau, Intelpam, Pasukan Hanlan dan Avsec," ujar Made dalam siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Senin (14/5).

Menurut Made, peningkatan pengamanan in dilakukan semata untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang di Bandara Husein Sastranegara. Terlebih lagi bandara merupakan salah satu objek vital.

Made mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada petugas jika ada hal yang mencurigakan. "Jangan segan-segan melaporkan apabila ada orang atau benda yang mencurigakan. Segera laporkan ke petugas Avsec (Aviation Security) atau langsung melaporkan ke Satpomau Lanud Husein Sastranegara," ungkapnya.

Sebelumnya,  Polrestabes Bandung telah menetapkan status siaga 1 di Kota Bandung. Hal ini dilakukan pasca insiden ledakan bom di Mapolrestabes Surabaya pada Senin pagi tadi

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan bahwa pihak kepolisian mengamankan sejumlah tempat untuk mengantisipasi tindakan teror di Kota Bandung. Sejumlah tempat yang mendapatkan pengamanan ekstra seperti Mako dan pusat perbelanjaan.

"Jajaran Polrestabes Bandung siaga 1 pengamanan ditingkatkan. Kami siaga terutama di Mako, obyek vital dan pusat perbelanjaan," ujar Hendro melalui pesan singkat.

Pengetatan pengamanan ini tampak dengan sejumlah petugas kepolisian bersenjata laras panjang yang berjaga di setiap pintu masuk Mapolrestabes Bandung pada Senin (14/5) pagi. Setiap tamu yang datang diperiksa satu persatu. Setiap bawaan dan jaket yang dikenakan masyarakat yang ingin masuk ke Mapolres diperiksa ketat.

(MH/DR)
  1. Bom di Bandung
  2. Bom Surabaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA