1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kisahkan Kegiatan Anak-Anak Selama Masa Karantina, Komik Next G Dirilis Mei 2020

"Terbitnya komik ini menjadi bukti bahwa anak-anak juga bisa mengambil peran dalam pencegahan penularan corona".

karya Cahaya Shareefa. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 22 April 2020 12:41

Merdeka.com, Bandung - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat diimbau untuk menetap di rumah saja. Hal tersebut membuat Komik Next G terinspirasi untuk meluncurkan edisi khusus pandemi.

Diberi tajuk ‘Komik Next G #dirumahaja’, serial komik yang populer di kalangan anak-anak ini akan diluncurkan pada Mei 2020 mendatang. Komik tersebut akan memberikan pembaca menemukan dua cerita bertema masa karantina dari sudut pandang khas anak-anak, dari empat cerita keseluruhan.

Dua karya yang bertema pandemi adalah karya Cahaya Shareefa berjudul ‘Di Rumah Saja’. Di dalamnya, diceritakan tentang keseharian yang dilakukan gadis cilik usia 11 tahun itu selama sekolah dan berlatih sepatu roda dari rumah.

Karya lainnya adalah buatan Aghniya Maulany yang diberi judul ‘Saling Melindungi’.

Di situ, anak usia sembilan tahun ini bercerita tentang upaya menjaga ayah dan ibunya dari penularan wabah. Terdapat adegan ia mengingatkan ibunya untuk mencuci tangan pakai sabun dan membantu menyemprotkan cairan antiseptik ke pakaian ayahnya ketika pulang kerja.


Redaksi Muffin Graphics, Wiwit Wijiastuti mengatakan, anak-anak perlu dilibatkan dalam edukasi wabah ini. Malahan tidak jarang anak-anak bisa menjadi ‘agen perubahan’ yang mengingatkan pentingnya kebersihan dan kesehatan kepada anggota keluarga lainnya.

"Terbitnya komik ini menjadi bukti bahwa anak-anak juga bisa mengambil peran dalam pencegahan penularan corona. Komik Next G adalah kompilasi karya anak-anak usia sekolah dasar. Anak-anak itu pada awalnya mengirimkan karya ke penerbit sebanyak dua halaman. Mereka cukup menggambar komiknya dengan pensil," jelas Wiwit.

Setelah melewati proses seleksi dan dinyatakan lolos, naskah dari anak-anak itu kemudian digambar ulang oleh komikus profesional agar layak diterbitkan. Setiap bulannya Muffin Graphics menerbitkan delapan judul karya anak-anak ini. Seperti apa, sih bentuknya? Pembaca bisa mengunjungi website penerbit di www.muffingraphics.com.


"Waktu melihat naskah ini, saya langsung tertarik menerbitkan. Tema dua naskah ini, kok, relevan sama situasi sekarang. Dan bagus untuk mengedukasi anak-anak. Semangatnya adalah semoga anak-anak ini bisa terus menginspirasi sesamanya untuk tetap melakukan kegiatan positif dan terus berkarya,"katanya.

 

(ES/AA)
  1. Pendidikan Anak
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA