1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Hari pertama pendaftaran pilwalkot, KPU Kota Bandung sepi

Menurut Rifki, kemungkinan besar para pasangan bakal calon baru akan melakukan pendaftaran pada Selasa atau Rabu.

KPU Kota Bandung. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 08 Januari 2018 13:27

Merdeka.com, Bandung - Masa pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan maju di Pilwalkot Bandung mulai dibuka Senin (8/1) ini. KPU Kota Bandung membuka pendaftaran hingga Rabu (10/1). Namun hingga saat ini belum ada pasangan bakal calon yang mendaftar ke KPU.

Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok mengatakan, jika hari ini tidak ada pasangan bakal calon yang akan mendaftar. Sebab dari hasil rapat koordinasi dengan partai pengusung dan calon perseorangan pada Sabtu lalu, tidak ada pasangan bakal calon yang akan mendaftar pada hari Senin ini.

"Jadi hari ini engga ada calon yang daftar," ujar Rifki kepada wartawan di kantor KPU Kota Bandung, Jalan Sukarno Hatta, Kota Bandung, Senin (7/1).

Menurut Rifki, kemungkinan besar para pasangan bakal calon baru akan melakukan pendaftaran pada Selasa atau Rabu. Rifki menyebut, untuk calon perseorangan kemungkinan besar akan melakukan pendaftaran pada Selasa (9/1) besok. Sementara untuk bakal calon yang diusung parpol akan melakukan pendaftaran pada hari Rabu (10/1) lusa.

"Untuk calon perseorangan mereka menyampaikan kemungkinan akan melakukan pendaftaran Selasa jam 11.00 WIB. Untuk bakal dari calon parpol yang sudah memastikan pendaftaran baru pasangan calon yang diusung PDIP yakni pada pukul 15.00 WIB," ucapnya.

Lebih lanjut Rifki mengatakan, jika saat pihaknya terus melakukan persiapan untuk menerima pendaftaran bakal calon yang akan mendaftar. KPU kota Bandung kata dia, akan melakukan koordinasi internal dalam rangka menyambut bakal calon yang akan mendaftar serta melakukan verifikasi faktual.

"Kami mengimbau kepada pendukung bakal calon yang akan mendampingi diharapkan tidak lebih dari 50 orang," ungkapnya.

Rifqi menambahkan jika semua bakal calon sudah mendaftar maka tahapan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 11 - 15 Januari di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Setelah itu akan dilakukan verifikasi pasangan calon dari tanggal 16 - 18 Januari.

"Dari tanggal 21 Januari hingga 9 Februari dilakukan penelitian kembali syarat calon untuk individu dan pencalonan untuk partai. 12 Februari penetapan calon, 13 Februari penetapan no urut. 14 Februari deklarasi damai, 15 Februari sampai 23 juni kampanye selama 4 bulan," ungkapnya.

Rifki menyebut total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di pilkada Kota Bandung mencapai 1.7 juta orang. Sementara Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 4400.

(FF/DR)
  1. Pilwalkot Bandung
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA