1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

BMKG: Sore hari Bandung potensi hujan disertai petir dan angin kencang

Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang.

©2017 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Minggu, 02 Juli 2017 13:33

Merdeka.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat memperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan pada siang dan sore hari akan melanda wilayah Bandung Raya pada Minggu (2/6). Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat antara sore hingga menjelang malam hari.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Provinsi Jawa Barat, Kurniadi mengatakan, pada umumnya kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya cerah berawan pada pagi hari. Namun pada siang hari dan sore hari berpeluang turun hujan dengan intensitas ringan.

"Adanya tekanan rendah di wilayah Samudra Hindia sebelah Barat Daya Pulau Jawa, pelemahan kecepatan angin terdapat di Jawa Barat serta tingginya kelembapan udara di wilayah Jawa bagian Barat. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi  pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Bandung dan sekitarnya," ujar Kurniadi kepada wartawan, Minggu (2/6).

Menurut dia, hujan ringan diprediksi akan turun di wilayah Bandung Utara dan Selatan. Sementara kondisi cuaca di wilayah Bandung timur Barat dan Tengah berawan.

Adapun untuk suhu udara berkisar antara 18,6 'C hingga  29.0'C. Kelembapan udara berkisar  55 persen hingga 93 persen. Arah angin pada umumnya dari arah Tenggara dengan kecepatan 05-17 km/jam.

"Selain Bandung, potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat juga terjadi di wilayah Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur antara sore menjelang malam hari," ujarnya.

(MH/DR)
  1. Prakiran Cuaca
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA