1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Berburu sembako murah sebelum lebaran di Pasar Murah BTM

"Tujuan pasar murah ini untuk menekan gejolak peningkatan atau inflasi yang biasanya terjadi setiap tahunnya," ujar Wiwiek.

Pasar Murah Kota Bandung. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 15 Juni 2017 10:57

Merdeka.com, Bandung - Saban menjelang Idul Fitri harga-harga sembako ataupun kebutuhan pangan lainnya biasa mengalami kenaikan. Tak tanggung-tanggung, harga yang dibanderol oleh para pedagang kerap membuat pembeli kewalahan.

Oleh sebab itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan perbankan di Jawa Barat, instansi atau perusahaan, dan BMPD Jabar menyelenggarakan Pasar Murah di Bandung Trade Mall. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah dan stabil.

Beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur ayam, gula pasir, bawang merah, bawang putih, daging sapi, dan daging kerbau. Untuk daging sapi yang biasanya dibanderol dengan harga fantastis menjelang lebaran dan kerap tembus pada angka lebih dari Rp 100 ribu, pada Pasar Murah BTM ini dibanderol dengan harga Rp 80 ribu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, penyelenggaraan pasar murah ini sebagai upaya pengendalian inflasi. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari 14 hingga 16 Juni 2017 mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

"Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bentuk konkret kepedulian di Bulan Ramadan, terutama untuk menekan gejolak peningkatan atau inflasi yang biasanya terjadi setiap tahunnya," ujar Wiwiek saat ditemui dalam acara Pasar Murah Bandung Trade Mall, Rabu (14/6).

Pada pasar murah tersebut, beberapa harga sembako yakni untuk beras medium lima kilogram dari bulog dibanderol dengan harga Rp 42.500, beras SR satu lima kilogram dari bulog dibanderol Rp 60ribu, beras SR dua lima kilogram dari bulog dibanderol Rp 50 ribu, gula pasir Rp 12.500 perkilogram, dan minyak goreng rose brand Rp 13 ribu perliter.

Wiwiek menjabarkan, kegiatan seperti ini tidak hanya diselenggarakan di Bandung. Namun juga pada beberapa kota lain di Jawa Barat.

"Program ini diselenggarakan di Tasikmalaya dan Cirebon juga. Dalam kegiatan pasar murah ini, selain kebutuhan pokok dan sandang, kami juga menyediakan layanan penukaran uang tanpa dipungut biaya. Jadi kebutuhan saat lebaran bisa didapatkan di sini dengan mudah dan murah," katanya.

(MT/AA)
  1. Lebaran 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA