1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Begini kemeriahan penyambutan obor Asian Games di Kota Bandung

"Alhamdulillah setelah 56 tahun yang lalu tepat tahun 62 Indonesia dapat kesempatan menjadi tuan rumah pesta Asian Games," kata Oded.

Kemeriahaan penyambutan obor Asian Games. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Sabtu, 11 Agustus 2018 11:37

Merdeka.com, Bandung - Obor Asian Games 2018 akhirnya tiba di Kota Bandung, Sabtu (11/8). Kedatangan obor ini disambut meriah sejak tiba di pintu keluar tol Pasteur.

Api diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial yang diserahkan oleh perwakilan Inasgoc . Dalam seremoni tersebut turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Ketua Inasgoc Erick Thohir

Kedatangan obor Asian Games dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional. Para penari menyambut dengan tarian tradisional dengan diiringi alunan musik angklung.

Kemeriahan acara pawai obor Asian Games membuat kawasan Pasteur dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan. Mereka berduyun-duyun datang demi menyaksikab kirab api obor Asian Games saat memasuki Kota Bandung.

Oded mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan adanya acara ini. Apalagi Indonesia kembali menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia ini setelah 56 tahun.

"Alhamdulillah setelah 56 tahun yang lalu tepat tahun 62 Indonesia dapat kesempatan menjadi tuan rumah pesta Asian Games. Dan hari ini Alhamdulillah Kota Bandung dari 53 kota kabupaten termasuk satu yang dapat dihadiri kirab obor asian Games ini," ujar Oded.

Oded berharap gelaran Asian Games ini menjadi event olahraga yang bisa jadi pesta bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, atlet-atlet Indonesia dapat menorehkan prestasi di event bergengsi ini.

"Tentunya ini bisa menorehkan prestasi lewat para atlet kita,"kataya

Obor Asian Games kemudian diserahkan kepada Menperin Airlangga Hartanto sebagai pelari pertama yang akan membawa sepanjang 500 meter. Airlangga kemudian menyerahkan obor kepada legenda Persib Bandung Djajang Nurjaman.

Obor ini dibawa berlari mengelilingi Kota Bandung dari Jalan Pasteur menuju Gedung Sate sepanjang 10 kilometer. Nantinya PJ Gubernur Mochaman Iriawan akan menerima obor api yang keesokan harinya akan dibawa menuju Kabupaten Garut.

Menteri Airlangga Hartanto bawa obor

Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto turut ikut ambil bagian dalam acara pawai obor Asian Games 2018 di Kota Bandung. Dia menjadi pelari pertama pembawa obor setelah penyerahan secara simbolis dari perwakilan Inasgoc kepada Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Dengan mengenakan seragam training Asian Games berwarna putih biru, Airlangga berlari sepanjang 500 meter sembari membawa obor. Kurang dari 10 menit, Airlangga tiba dan langsung menyerahkan obor kepada legenda Persib Bandung Djajang Nurjaman.

Airlangga mengaku bangga menjadi bagian dari event Asian Games 2018 Apalagi dirinya dipercaya membawa obor Asian Games meskipun bukan berasal dari kalangan atlet.

"Jadi dapat kehormatan bisa bawa obor Asian Games. Ini Kepercayaan luar biasa, karena Saya bukan atlet," ujar Airlangga kepada awak media di lokasi.

Airlangga memiliki harapan besar, event Asian Games ini dapat dijawab oleh para atlet tanah air untuk menorehkan prestasi. Terlebih Indonesia memiliki atlet berbakat yang bisa bersaing dengan para atlet dari negara lain.

Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games ini lanjut Airlangga, bisa menjadi ajang untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia. Menurutnya, jika pesta olahraga ini sukses akan sangat berdampak positif bagi sektor ekonomi dan pariwisata di tanah air

"Tentu setelah Asian Games ini awareness dunia terhadap Indonesia akan semakin baik. Tourism akan meningkat, harapannya juga investasi meningkat. Dam produk Indonesia akan lebih dikenal di pasaran dunia," ujarnya.

(MT/DR)
  1. Asian Games 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA