1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Rumah Zakat Salurkan 5.000 Kornet untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Kornet menjadi salah satu makanan yang kerap didistribusikan oleh Rumah Zakat saat terjadi bencana.

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 26 Desember 2018 14:06

Merdeka.com, Bandung - Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengatakan, Rumah Zakat memberikan bantuan cepat tanggap bagi para korban tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten dengan mendistribusikan 5.000 kaleng kornet.

“Kami mendistribusikan 5.000 kaleng kornet bagi para korban. Sudah didistribusikan minggu lalu saat kami mendapat kabar bencana, tidak menunggu lama langsung didistribusikan,” ujar Murni kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Rumah Zakat, Selasa (25/12).

Kornet menjadi salah satu makanan yang kerap didistribusikan oleh Rumah Zakat saat terjadi bencana. Seperti yang terjadi di Palu belum lama ini. Rumah Zakat bahkan mengirimkan 100 ribu kaleng bagi para korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala.

Kornet merupakan hasil daging kurban olahan Rumah Zakat dinilai praktis dan mampu memenuhi kebutuhan gizi bagi para korban bencana. Selain itu, kornet juga dinilai praktis saat disantap di pengungsian oleh para korban bencana.

“Kornet ini banyak membantu asupan gizi bagi para korban bencana. Mereka pasti sulit mengakses daging untuk dikonsumsi, makanya kami distribusikan kornet ini,” jelasnya.

Makanan kaleng yang bisa bertahan hingga tiga tahun selama kemasan tidak rusak dan penyimanan yang baik menjadi bahan makanan yang banyak didistribusikan oleh Rumah Zakat. “Untuk tahap pertama kami distribusikan 5.000 kaleng kornet. Kebutuhannya tentu lebih banyak dari itu, tapi ke depan jika memang sangat dibutuhkan kami akan siap untuk terus mendistribusikan kornet ini," katanya.

Sementara pihak GOJEK, penyedia layanan on-demand terbesar di Indonesia juga mengirimkan bantuan cepat tanggap tahap pertama untuk meringankan beban para warga yang terdampak oleh bencana tsunami Selat Sunda di wilayah pesisir pantai Banten. Total bantuan yang sudah dipersiapkan untuk didistribusi di wilayah pesisir pantai Banten dan Lampung Selatan mencapai 24 ton. Barang bantuan tersebut terdiri dari berbagai kebutuhan seperti tenda darurat, makanan instan, pakaian anak, popok, air bersih, hingga perlengkapan untuk memasak.

Strategic Region Head GOJEK Jawa Barat dan Banten, Becquini Akbar menyampaikan harapannya dalam pelepasan bantuan tahap pertama di Posko Dinas Sosial Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

“Kami keluarga besar GOJEK turut berduka pasca terjadinya bencana tsunami yang menimpa masyarakat di wilayah pesisir pantai Banten,” ujar Becquini.

(MH/AA)
  1. Tsunami Banten dan Lampung
  2. Tsunami Banten
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA