Alasan Ridwan Kamil bersedia desain bangunan masjid tanpa dibayar

user
Farah Fuadona 02 Agustus 2016, 07:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Meski saat ini telah menjabat sebagai wali kota, Ridwan Kamil kerap kali dimintai bantuan dari sejumlah kepala daerah untuk membuat konsep desain bangunan. Namun dengan syarat, dia hanya mau mendesain bangunan masjid, selain itu dirinya menolak.

Rupanya pria yang akrab disapa Emil ini memiliki alasan tersendiri. Alasannya ia pernah mendapat wasiat dari sang ayah sebelum meninggal dunia. Wasiat tersebut yaitu meminta Emil untuk tidak menolak jika ada yang memintanya mendesain bangunan masjid.

"Masjid mah karena wasiat almarhum ayah saya tidak boleh menolak," ujar Emil kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Senin (1/8).

Sebelum terpilih menjadi wali kota, Emil berprofesi sebagai arsitek. Bersama firma arsitek 'Urbane' yang didirikan bersama sejumlah rekannya Emil banyak mengerjakan proyek-proyek desain bangunan di dalam dan luar negeri seperti gedung perkantoran, bangunan museum termasuk masjid.

Namun sejak Emil terpilih menjadi Wali Kota Bandung pada akhir 2013 lalu, otomatis Emil harus berhenti dari profesinya yang membesarkan namanya tersebut. Namun kecintaannya pada dunia arsitek tidak dapat dipisahkan.

Meski masih sering dimintai bantuan untuk mendesain masjid, Emil tidak menerima bayaran dari hasil karyanya tersebut.

"Hanya sebatas dua hal yakni konsep dan tidak boleh dibayar. Jadi saya tidak mendapat bayaran apapun kecuali jadi amal aja kalau masjid mah," kata pria lulusan Teknik Arsitektur ITB ini.

Di tengah padatnya kesibukan sebagai wali kota, Emil mengaku memanfaatkan waktu luang untuk membuat desain bangunan masjid yang dibuatnya.

"Lagi di jalan tol, lagi ngelamun, lagi weekend curat coret. Modalnya hanya kertas dan pulpen. Sisanya ada si imajinasi," ungkapnya.

Seperti diketahui, Emil diminta   Gubernur Sulawesi Selatan untuk membuat konsep desain  Masjid Raya Provinsi Sulawesi Selatan. Uniknya desain bangunan terseut terdiri dari 99 kubah yang terinspirasi dari asmaul husna yang berjumlah 99.

Sebelumnya Emil juga diminta oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendesain bangunan masjid terapung di Gedebage. Rencananya masjid terapung tersebut akan dibangun pada tahun ini.

" Saya itu banyak dimintai tolong oleh banyak kepala daerah dan Saya hanya bisa membantu kalo hanya masjid . Kalo bukan masjid saya engga bisa, paling Saya hanya bisa mengarahkan kepada konsultan aja,"pungkasnya.

Kredit

Bagikan