Hari Kartini, buruh di Cimahi dapat layanan deteksi dini kanker leher

user
Farah Fuadona 22 April 2016, 12:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ada banyak cara unik untuk memperingati Hari Kartini, salah satunya menggelar layanan deteksi dini kanker leher rahim (serviks). Layanan ini diberikan kepada buruh PT. Trisulatex Textile Industries, Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (21/4).

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan momentum Hari Kartini diharapkan menghadirkan kualitas hidupp erempuan yang lebih baik dan sehat. Perempuan bukanlah pelengkap bagi laki-laki. Perempuan adalah penentu kehidupan dan subjek pembangunan. Untuk itu, harus ada perhatian khususnya segi kesehatan perempuan.
 
Layanan deteksi dini hanya diberikan kepada wanita subur melalui Iva Test. Melalui Iva Test tersebut diharapkan bisa cepat mendeteksi bibit penyakit kanker seviks. "Oleh karena itu hari ini seluruh unsur Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan IVA Test atau pemeriksaan kesehatan reproduksi wanita bagi karyawati PT. Trisula Textile Industries,” jelas Netty, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung.
 
Ia menambahkan, perempuan sehat dan cerdas akan menjadi pilar kekuatan bangsa dalam mendidik generasi muda. Ia kemudian mengutip pernyataan terkenal Kartini:
 
“Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita. Agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: Menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama.”

Program IVA test tersebut bagian dari Pencanangan Program Nasional. Selain Kota Cimahi, daerah lain yang mendapat program ini adalah Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cirebon.

Kredit

Bagikan