Perjuangkan kesetaraan gender Ridwan Kamil dapat penghargaan

user
Farah Fuadona 22 Desember 2016, 19:53 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapatkan pin "He For She" (Kesetaraan Gender) tahun 2016 dari Presiden RI Presiden Joko Widodo. Pin tersebut disematkan langsung oleh presiden saat puncak peringatan hari ibu di kawasan pusat pemerintahan Provinsi Banten, Kota Serang, Senin (22/12).

Dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung, pin tersebut disematkan menandai kampanye pelibatan laki-laki dalam aksi solidaritas untuk perempuan yang diinisiasi oleh UN for Women. 'He For She' sendiri merupakan kampanye upaya memperluas komitmen laki-laki yang memberikan rasa aman dan nyaman kepada perempuan untuk memperoleh akses kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Kepedulian Pemkot Bandung terhadap perempuan dan anak khususnya, menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia. Hal itu terbukti dari dipilihnya Bandung menjadi kota penyelenggara program three ends dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak beberapa waktu yang lalu.

Adapun Three Ends merupakan program untuk mewujudkan perempuan dan anak yang berkualitas mandiri dan berkepribadian. Program tersebut menyuarakan tiga hal yakni menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia dan memberikan keadilan akses terhadap ekonomi bagi perempuan.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang didampingi istrinya Iriana Joko Widodo mengaku, perempuan di Indonesia punya peran dan andil besar bagi pembangunan Indonesia. "Peran ibu, peran perempuan sangat besar guna membangun bangsa Indonesia," ujar Jokowi

Presiden juga menyampaikan alasannya menunjuk perempuan untuk mengisi sembilan kursi menteri dalam Kabinet Kerja, kata Jokowi, jumlah menteri perempuan ini lebih banyak dibandingkan Uni Emirat Arab

"Saya memilih perempuan karena lebih jeli dan teliti dalam melihat berbagai persoalan. Perempuan tahan uji dan tidak pernah mengeluh," ujarnya.

Menurutnya, peran penting perempuan dan ibu Indonesia adalah bagaimana menyiapkan anak-anaknya menjadi generasi bangsa agar lebih hebat.

Adapun sembilan menteri perempuan dalam kabinet Jokowi-JK itu adalah, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Selain kepada Ridwan Kamil, penghargaan juga diberikan kepada Mendagri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo




Kredit

Bagikan