Jangan takut, ini beberapa cara sederhana atasi fobia

user
Farah Fuadona 21 Januari 2016, 06:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pembaca Merdeka Bandung pernah merasa ketakutan saat melihat ulat bulu, kecoak atau mengalami ketakutan berlebih pada situasi tertentu, seperti gelap, takut pada ketinggian atau malu di depan banyak orang. Jika iya, bisa jadi ini tanda-tanda fobia atau orang yang mengalami takut berlebihan.

Fobia adalah ketakutan berlebihan terhadap benda atau situasi tertentu yang seringkali tidak beralasan dan tidak berdasarkan pada kenyataan. Hal ini bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan serta aktivitas orang yang mengidapnya.

Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itulah sebabnya pengidap fobia sering dijadikan bulan-bulanan oleh orang di sekitarnya.

Menurut beberap ahli psikologi, fobia disebabkan oleh beberapa hal seperti trauma ketika masa kecil atau karena pikiran alam bawah sadar salah memberi arti terhadap peristiwa traumatis yang menyebabkan fobia.

Fobia terbagi menjadi 3 kategori, yaitu ketakutan pada objek tertentu seperti kucing (Ailurophobia), laba-laba (Arachnophobia)dan ketinggian (Acrophobia). Lalu ada juga sosial fobial yaitu takut terhadap penilain orang lain, dan Agrophobia yaitu takut berada di tempat terbuka atau pusat keramaian.

Ada beberapa cara sederhana mengatasi fobia seperti dikutip dari laman www.wikihow.com berikut ini.

Cari tahu sumber ketakutan

Jika benar-benar takut pada sesuatu, cobalah membuat analisa kecil dengan mencatat apa hal-hal yang menakutkan bagi Anda. Misalkan takut pergi ke dokter gigi, buatlah catatan kecil alasan mengapa Anda takut pergi ke dokter gigi. Agar efektif buatlah dengan jujur hal-hal yang membuat Anda takut. Jika memang diperlukan berikan sejumlah alasannya. Agar efektif buatlah catatan dari atas ke bawah hal ini membantu untuk memisahkan hal-hal yang benar-benar Anda takuti dan tidak.

Membuat daftar tujuan hidup

Cara lain terapi mengatasi fobia dengan cara sederhana yaitu menulis catatan kecil mengenai daftar tujuan hidup yang bakal diraih. Hal ini rupanya sangat efektif untuk mengobati rasa fobia. Anda cukup menulis sejumlah impian, jangan lupa tambahkan beberapa catatan mengenai tahap-tahap yang digunakan untuk meraih impian tersebut. Dengan begitu tak hanya rasa fobia yang di atasi tetapi juga membuat Anda lebih berkomitmen dengan tujuan tersebut.

Membuat strategi

Semua orang pasti mengalami sejumlah rintangan dalam hidupnya. Sebelum kejadian buruk benar-benar terjadi Anda telah menyiapkan reaksi untuk menyikapi hal tersebut. Dengan membuat catatan ini Anda tidak akan merasa kesulitan menghadapi ketakutan pada kondisi tertentu.  

Rasa takut itu normal

Jika Anda merasa takut pada sesuatu hal, jangan buru-buru merasa rendah diri. Anda tak sendiri, banyak orang mengalami rasa takut, contohnya takut terhadap darah dan jarum suntik.

Kredit

Bagikan