Cara mengusir tikus dari rumah dengan mudah

user
Muhammad Hasits 20 Januari 2016, 10:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Keberadaa tikus di rumah memang bikin emosi. Isi rumah jadi berantakan dan bau. Belum lagi peralatan rumah tangga yang jadi kotor.

Tikus juga seringkali melubangi kayu dan plafon. Ditambah sering merusak peralatan dapur. Pokoknya bikin sebal.

Sudah banyak cara dilakukan untuk menangkap tikus. Tapi cara ini gampang-gampang susah. Kadang jebakan tikus bisa berhasil, tapi ternyata masih banyak tikus di dalam rumah.

Satu-satunya cara adalah mencegah agar tikus tidak masuk ke rumah Anda. Memang cara ini tidak bisa instan, tapi kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti ada hasilnya. Agar rumah kamu tidak menjadi sarang tikus.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah tikus masuk rumah seperti dilansir dari vemale.com, Rabu (20/1):

1. Memelihara jangkrik

Untuk mengusir tikus Anda bisa memelihara jangkrik di rumah. Bukan jangkriknya yang ditakuti tikus, tapi bunyi jangkrik pada malam hari sangat tidak disukai tikus.

2. Memakai buah Mengkudu/Pace

Buah ini memiliki bau tidak sedap dan cukup menyengat. Buah ini tidak disukai oleh tikus. Caranya agar tikus enggan di rumahmu adalah dengan memotong buah tipis menjadi 5 atau 6 bagian dan letakkan di tempat-tempat yang sering digunakan tikus untuk bersembunyi. Melalui cara ini, tikus pun akan pergi dan tak suka lagi dengan rumah kamu.

3. Kulit durian

Cara yang satu ini memang kurang enak. Sebab, di rumah kamu bakal bau duren terus menerus. Bau durian sangat menyengat ketika ditaruh di dalam ruangan.

Bau durian sangat tidak disukai oleh tikus. Kamu bisa menaruk kulit durian di tempat-tempat yang sering dilalui tikus atau lubang persembunyiannya. Dengan begitu, tikus akan kabur dari rumah kamu.

4. Cuka Apel

Campuran cuka apel dan air sangat efektif mengusir tikus dengan mudah, tanpa ribet dan pastinya juga tidak mahal. Caranya adalah, campurkan satu liter cuka apel dengan 2 liter air. Gunakan campuran ini untuk menyemprot area rumah. Tentunya lakukan secara rutin.

5. Teh Peppermint

Satu lagi bahan alami yang bisa mengusir tikus adalah teh peppermint. Letakkan teh peppermint atau kotak teh di tempat-tempat yang biasa digunakan tikus untuk bersembunyi atau jalan keluar masuk ke dalam rumah kamu. Letakkan pula teh ini di sudut rumah. Perlahan, tikus di rumah pun akan pergi dan tak kembali lagi.

Kredit

Bagikan