Apa sih penyebab jerawat?

user
Farah Fuadona 14 Januari 2016, 12:13 WIB
untitled

Jerawat merupakan masalah yang biasanya dialami setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Mualai dari cara konvensional seperti membersihkan wajah setelah beraktivitas, menjaga asupan makanan hingga datang ke dokter spesialis kulit.

Berikut petikan wawancara Merdeka Bandung dengan dr. Andrea Nistiana, Dokter kecantikan dari beauty box skin and beauty care, mengenai masalah jerawat.

Apa itu jerawat?

Jerawat merupakan peradangan dari kelenjar minyak yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne.

Jerawat dapat berupa komedo, bintik merah baik yg bernanah ataupun tidak, kista dan akhirnya berbekas menjadi skar.

Kenapa bisa timbul jerawat?

Jerawat bisa timbul karena meningkatnya minyak pada wajah lalu tersumbatnya saluran dari kelenjar minyak bisa karena kotoran dan lain-lain, di sanalah tempat tumbuhnya bakteri p.acne dan akhirnya terjadilah proses peradangan yang biasa kita sebut jerawat.

Apa sih penyebab jerawat?

Paling banyak adalah karena peningkatan hormon androgen yaitu pada usia pubertas. Kebersihan dari wajah juga sangat berpengaruh. Selain itu faktor genetik juga dapat menyebabkan acne.
Dan yang terakhir adalah faktor stres.

Bagaimana cara menangani jerawat?

Sebetulnya jerawat bisa sembuh dengan sendirinya karena proses dari imunitas tubuh kita. Namun bisa juga dibantu dengan menggunakan obat berupa krim wajah yang sesuai dengan jenis jerawatnya. Penggunaan obat minum hanya disarankan bagi pasien yang jerawatnya sangat banyak melebihi 50 persen dari wajahnya.

Bagaimana mencegah terjadinya jerawat?

Jerawat dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan wajah yaitu dengan mencuci muka 2-3 kali sehari dengan sabun yang tepat, kemudian bisa juga dengan olahraga dan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dan mengurangi konsumsi produk seperti susu, keju, dan dairy product lainnya.

Cukupnya jam tidur dan yang paling utama adalah mengurangi stres. "Kami akan terus menghadirkan terobosan produk dan layanan bagi para pelanggan kami, sehingga mereka dapat meraih manfaat dari telekomunikasi, baik dalam menjalin tali silaturahmi dengan keluarga, ataupun saudara," jelasnya.

"Kami akan terus menghadirkan terobosan produk dan layanan bagi para pelanggan kami, sehingga mereka dapat meraih manfaat dari telekomunikasi, baik dalam menjalin tali silaturahmi dengan keluarga, ataupun saudara," jelasnya.

Kredit

Bagikan