Panitia PON keberatan, GBLA digunakan Persib

user
Farah Fuadona 21 Agustus 2016, 11:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Panitia Pengurus Besar (PB) PON ke-XIX keberatan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) digunakan home base Persib Bandung saat kedatangan tim tamu Arema Cronus. Dua tim tersebut akan bertanding pada laga Torabika Soccer Championship (TSC), Minggu 27 Agustus mendatang.

"Kalau dimungkinkan Persib bermain di tempat lain itu alangkah baiknya. Karena saya khawatir ini mepet kepada persiapan," kata Kepala Bidang Upacara PB PON ke-XIX Satria Yanuar Akbar usai menggelar rapat kesiapan jelang PON, di Stadion GBLA Bandung, Minggu (21/8).

Dia mengatakan, PB PON sebelumnya sudah mempersiapkan waktu  produksi pada 21 Agustus sampai 3 September. Perhitungan itu sebab 5 September mulai dilakukan gladi bersih. Jika Persib Bandung benar-benar jadi menggunakan GBLA sebagai laga kandangnya pada 27 Agustus, artinya akan ada perubahan schedule yang sudah dipersiapkan.

"Tanggal 5 semua yang upacara akan mulai gladi bersih dengan kondisi panggung sudah jadi," jelasnya. Hitung-hitungan dia, jika produksi dimulai 28 Agustus, atau sehari setelah dipakai Persib ada waktu satu minggu yang tergeser. "Saya juga bobotoh Persib. Ini hajat nasional. Tapi mohon pertimbangan kalau memang bisa gunakan tempat lain," kata Satria.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku sudah memberikan izin Persib bisa menggunakan GBLA pada laga sarat gengsi tersebut. Tapi menurutnya itu belum keputusan mutlak, sebab Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung bisa menjadi alternatif.

"GBLA memang boleh. Tinggal PON menyesuaikan. Kalau Jalak Harupat ya, tapi saya mah tidak bisa ambil keputusan. Itu ada di ranahnya Bupati Bandung," jelasnya.

Jika memang nantinya GBLA benar-benar digunakan, lanjut Emil, banyak masalah teknis yang tidak bisa diabaikan. Karena panitia sendiri saat ini tengah menyicil persiapannya. Beberapa syarat harus dilakukan bobotoh agar pertandingan digelar tapi tidak mengganggu persiapan.

 "Ada area steril yg tidak bisa dilewati. PON ini tidak sederhana. Tapi saya harus yaknikan bahwa bobotoh mah bageur (baik)," jelasnya.

Untuk diketahui GBLA pada Sabtu 17 September mendatang akan digunakan pembukaan PON ke-XIX di mana Jawa Barat akan bertindak sebagai tuan rumah. Pembukaan PON rencananya akan langsung dihadiri Presiden Joko Widodo.

Kredit

Bagikan