Pemkot Bandung siapkan Rp 12,5 miliar untuk atlet berprestasi

user
Muhammad Hasits 01 November 2016, 18:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung memberikan apresiasi kepada para atlet Kota Bandung yang sukses meraih medali pada ajang PON XIX dan Peparnas XV yang  digelar pada bulan September dan Oktober lalu. Pemkot Bandung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Diaspora) akan memberikan  uang 'kadeudeuh' sebesar Rp 12,5 miliar untuk para atlet berprestasi.

"Dananya dari APBD perubahan Rp 12,5 miliar nantinya dialokasikan untuk uang kadeudeuh para atlet PON dan Peparnas,” ujar Kepala Diaspora Kota Bandung, Dodi Ridwansyah kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (1/11).

Dodi menuturkan, secara keseluruhan, atlet Kota Bandung mendapatkan 169 medali, dengan perincian 63 medali emas, 49 medali perak, dan 57 medali perunggu pada kegiatan PON XIX. Sementara itu, dari Peparnas XV, atlet Kota Bandung berhasil mendulang 44 medali emas.

"Untuk pencapaian prestasi kami apresiasi dengan hal yang setimpal, karena dengan payah mereka Jawa Barat menjadi Juara di PON XIX  dan Pak Wali juga sudah menggagas hal itu," katanya.

Namun demikian Dodi mengaku belum bisa menentukan besaran yang diterima setiap atlet. Sebab hingga saat ini masih dalam perhitungan.

Selain memberikan uang kadeudeuh, pihaknya juga akan memberikan pekerjaan dan rumah tinggal kepada para atlet jika nantinya telah pensiun dari dunia olahraga. Hal ini kata dia sebagai jaminan untuk kesejahteraan atlet Kota Bandung.

"Berdasarkan gagasan dari Wali Kota Bandung, rencananya para atlet yang berprestasi akan diberi pekerjaan dan rumah tinggal agar apabila sudah tidak menjadi atlet. Kita akan inventarisasi siapa saja yang mendapat emas, perak, dan perunggu dan kita akan perhatikan mereka agar dapat pekerjaan dan tempat tinggal yang layak di rumah susun,” pungkasnya

Kredit

Bagikan