Jokowi lantik 1.921 lulusan praja IPDN

user
Farah Fuadona 08 Agustus 2016, 11:36 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Presiden Joko Widodo melantik praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2016. Pelantikan 1.921 praja muda angkatan XXIII tahun 2016 dilangsungkan di lapangan kampus para praja Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (8/8).

Dalam sambutannya tersebut Jokowi memberikan pesan agar setelah dilantik dan mengabdi pada negara diharapkan para praja muda dapat mewujudkan pemerintahan bersih dan bebas korupsi. "Kedepankan hasil karya nyata untuk rakyat kita. Komitmen untuk wujudkan pemerintahan bersih, berintegritas, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)," kata Jokowi dalam sambutannya.

Lulusan IPDN biasanya langsung ditempatkan di instansi pemerintah pusat atau daerah. Saat lulus para pamong praja ini akan ditempatkan di tempat mereka direkrut.

Jokowi mengingatkan ini merupakan awal dari perjalanan karir sebenarnya untuk mengabdi pada negara. "Inilah awal dari pengabdian panjang aparatur sipil negara untuk memberikan terbaik bagi bangsa dan negara. Saudara-saudara adalah ujung tombak negara," ujarnya.

Jokowi mengingatkan para pamong praja muda ini, harus selalu memberikan pelayanan publik yang responsif dan berkualitas. "Sehingga saudara hadir di tengah rakyat," ujarnya.

Tidak lupa revolusi mental yang digaungkan pemerintahan Jokowi harus ditekankan dalam diri. "Saudara bisa membawa revolusi mental, perubahan pola pikir dalam membangun sistem pemerintahan yang baik. Teladan bagi rakyat, sikap optimis, inovatif dan berani melakukan terobosan
ke depan akan menghadapi tugas yang berat. Saudara menghadapi harapan tuntutan rakyat pada aparatur sipil negara," kata Jokowi.

Setelah sambutan diberikan, Mendagri mempersilakan Jokowi yang bertindak sebagai pemimpin upacara untuk melantik para praja secara simbol. Mengenakan jas hitam, Jokowi kemudian melakukan pelantikan dengan menyematkan simbol pada perwakilan praja dan memberikan surat keputusan (SK) Mendagri kepada perwakilan praja yang lulus.

Dalam pelantikan hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, serta para pejabat dan tamu undangan lainnya.

Kredit

Bagikan