Soekarno pernah Salat Jumat di Masjid Cipaganti

user
Mohammad Taufik 07 Juni 2016, 18:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Selain salah satu masjid tertua di Bandung, Masjid Besar Cipaganti juga pernah dipakai salat orang-orang besar republik ini. Salah satunya Presiden pertama RI, Soekarno.

"Bung Karno pernah jumatan di sini, tahun 1952," kata sesepuh Masjid Besar Cipaganti, Uju Dimyati (75), saat berbincang dengan Merdeka Bandung, Selasa (7/6).

Uju tidak tahu dalam rangka kunjungan apa Soekarno hingga jumatan di Masjid Besar Cipaganti. Yang jelas waktu itu ia sebagai pengurus masjid diminta menyiapkan sajadah dan persiapan lainnya.

"Saya dulu diminta menyiapkan sajadah baru, beres-beres. Tugas saya memang begitu," ujar pria yang mulai menjadi pengurus masjid sejak 1965.

Sebelumnya Uju sudah biasa membantu kebersihan masjid yang terletak di utara Kota Bandung tersebut. Ia kemudian menggantikan pengurus masjid yang lama bernama Sujai yang meninggal.

Soekarno sendiri dikenal dekat dengan arsitek Mesjid Besar Cipaganti, yakni C. P. Wolf Schoemaker. Dari Schoemaker, Soekarno pernah belajar arsitektur.

Selain Bung Karno, tokoh-tokoh besar yang pernah salat di Masjid Besar Cipaganti antara lain Jenderal Besar AH Nasution, Gubernur Mashudi dan lain-lain.

Hingga kini, Masjid Besar Cipaganti berdiri anggung di Jalan Wiranata Kusumah atau Jalan Cipaganti. Masjid ini berkapasitas 1.500 jamaah.

Kredit

Bagikan