Dapat gelar Doktor Honoris Causa, Megawati kenang nasihat Bung Karno

user
Farah Fuadona 25 Mei 2016, 10:50 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Politik dan Pemerintahan dari Universitas Padjajaran (Unpad), Megawati Soekarnoputri terkenang akan kisah masa lalunya saat mendapat wejangan dari Bung Karno, ayahnya.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu mengenang, saat saat dirinya pertama kali dilantik sebagai mahasiswi di Unpad. Peristiwa itu pun terjadi 51 tahun yang lalu.

"Saat itu usia saya 18 tahun. Oleh Bung Karno, saya diharuskan masuk Fakultas Pertanian sebab urusan pangan merupakan urusan mati hidupnya bangsa," ujar Megawati dalam orasi ilmiahnya diacara Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa, Rabu (25/5).

Meskipun ia sangat tertarik pada ilmu psikologi, namun Bung Karno sangat kokoh dan meyakinkannya untuk memasuki dunia yang menjadi mata pencaharian terbesar seluruh rakyat Indonesia.

"Akhirnya, melalui praktik membumikan ilmu pertanian secara langsung bersama para petani, saya tidak hanya mengerti secara ideologis tentang hakikat kedaulatan pangan," jelasnya.

Melalui ilmu pertanian, ia memahami bahwa dasar terpenting bagi bangsa Indonesia untuk maju antara lain diukur dari kemampuan di atas kaki sendiri dibidang pangan bagi rakyatnya.

"Bagi saya ilmu pertanian menjadi jalan kerakyatan yang terbuka lebar untuk memahami seluruh peri kehidupan rakyat Indonesia. Disitulah saya paham bahwa hakikat politik sejatinya adalah membangun peradaban yang berangkat dari realitas kehidupan rakyatnya," ujar dia.

Bagi Megawati, petani adalah gambaran nyata wong cilik, di mana seluruh keberpihakan politik seharusnya ditunjukkan kepadanya. Inilah kesadaran yang muncul ketika Megawati mengenyam pendidikan di Unpad.

"Malang tidak dapat ditolak. Badai politik yang terjadi pada tahun-tahun itu akhirnya berimbas pada status kemahasiswaan saya. Hanya dua tahun kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Universitas Padjajaran ini. Sebab-sebab itu yang memaksa saya untuk tidak melanjutkan kuliah di kampus ini," tutupnya.

Kredit

Bagikan