Ridwan Kamil nilai sosok Megawati layak dapat gelar kehormatan

user
Farah Fuadona 25 Mei 2016, 16:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi pemberian gelar doktor honoris causa kepada Presiden Indonesia Kelima, Megawati Soekarnoputri. Menurutnya gelar tersebut layak diberikan kepada Megawati atas sumbangsihnya kepada Pemerintah Indonesia selama ini.

Pria yang akrab disapa Emil itu menilai Megawati merupakan tokoh nasional perempuan yang menginspirasi. Lewat pengabdiannya di dunia politik yang sangat konsisten. "Ibu Mega adalah salah satu tokoh bangsa Indonesia yang konsisten di politik kemudian melahirkan kepartaian yang juga solid ke bawah," kata Emil di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Rabu (25/5).

Menurutnya sebagai perempuan di zaman modern, putri Bung Karno itu begitu mendedikasikan hidupnya dalam politik dan pemerintahan. Mengingat Mega menjadi satu-satunya perempuan yang usia politiknya sangat panjang.

Dengan karir politik yang cukup lama, Mega disebutnya layak mendapatkan gelar doktor honoris causa. Sebuah predikat yang tidak mudah didapatkan karena berkaitan dengan rekam jejak.

"Konsistensi panjang dengan berbagai teori dan paparan yang mengubah arah bangsa ini diukur Unpad sebagai keunggulan beliau yang berhak mendapat gelar Honoris Causa," ucapnya.

Menurut Emil, di usianya yang sudah menginjak 69 tahun Megawati masih menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal ini menunjukkan betapa di usia senjanya masih memperhatikan kehidupan politik bangsa Indonesia.

Emil menilai Unpad sebagai pihak yang memberikan gelar kehormatan tersebut telah menganalisis bentuk pemikiran dan kontribusi Megawati berkaitan dengan ilmu pemerintahan. Baik politik, kepemimpinan dan kedaulatan negara yang berasaskan demokrasi.

"Menurut Unpad yang saya simak terkandung teori versi Megawati yang dipraktikan secara utuh dalam politik pemerintahan," kata Emil.

Kredit

Bagikan