Pekan ini, Ridwan Kamil akan umumkan sekda baru Kota Bandung

user
Endang Saputra 18 Juli 2018, 18:36 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berjanji akan segera mengumumkan nama sekda baru Kota Bandung. Rencananya, pengumuman nama sekda baru akan dilakukan pekan ini.

"Mungkin Jumat kita putuskan dan umumkan (nama sekda baru)," ujar pria yang akrab disapa Emil ini kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum (18/7).

Emil mengaku akan bertemu terlebih dahulu dengan wakilnya Oded M Danial untuk membicarakan nama sekda baru. Apalagi sekda baru akan banyak melayani di era kepemimpinan Wali Kota Bandung terpilih 2018-2023 yakni Oded M Danial.

"Saya dan Pak Odednya belum ketemu. Saya menghormati Pak Oded sebagai wali kota terpilih untuk diskusikan dulu. Orang yang saya pilih harus buat Pak Oded nyaman, tapi saya bisa memastikan standar yang sudah dibangun 5 tahun oleh sosok ini tidak turun. Jadi artinya saya tidak egois, tidak gimana saya, walaupun hak saya kan. Tapi karena tahu mayoritas waktunya melayani pak oded saya memberikan ruang-ruang masukan diskusi, etikanya begitu," kata dia.

Emil pun mengungkapkan, sosok kriteria sekda yang akan dipilih setidaknya sudah harus sangat mengerti dengan urusan pemerintahan dan terbiasa dengan ritme kerja cepat yang dibangun pemkot selama ini. Setidaknya kecepatan penbangunan kota Bandung minimal harus bisa saat dirinya memimpin Kota Bandung 5 tahun terakhir.

"Pokoknya ukuran saya ada dua. Kota Bandung ini selama 5 tahun ada 300 penghargaan itu enggak boleh turun. Contoh sakip kita juara satu, kemarin sempet turun poinnya tapi masih juara satu. Nah itu contoh lampu kuning ya jadi itu ukuran saya kepada sekda itu. Semua yang terukur dan diapresiasi ini enggak boleh turun. Orang Bandung ini kan berharap tiap akhir tahun ada yang baru, nah itu jangan turun. Harus ada gedung baru jembatan baru, apa baru. Nah itu saya titipkan ke sekda seperti itu, lain-lain kan urusan dapur ya, urusan good governance, saya kira biasa saja," ungkapnya.

Seperti diberitakan, Panitia Seleksi (pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah merilis hasil akhir Seleksi Terbuka JPTP Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung. Tim Pansel menetapkan tiga nama untuk diajukan kepada Penjabat Sementara Wali Kota Bandung selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Mohamad Salman Fauzi, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Benny Bachtiar.

Diketahui Sekda Kota Bandung sebelumnya Yossi Irianto mengundurkan diri, karena mengikuti pilkada. Untuk mengisi kekosongan saat ini jabatan sekda diisi oleh Penjabat Sementara Sekda Kota Bandung Dadang Supriatna.

Kredit

Bagikan