Mau konsultasi soal keluarga atau pra nikah, datang aja kesini yuk

user
Endang Saputra 27 April 2018, 16:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung meresmikan rumah Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Kehadiran Puspada yang berlokasi di Jalan Srimolek No. 6A, Kelurahan Ancol, Kecamatan Regol ini menjadi tempat konsultasi untuk membentuk ketahanan keluarga.

Kepala DP3APM Dedi Supandi mengatakan ada beragam layanan konseling di Puspaga ini di antarnya konseling perkawinan, konseling pengasuhan, konseling tumbuh kembang anak, konseling remaja dan konseling pola asuh keluarga. Layanan ini sangat cocok bagi keluarga terutama orang tua yang membutuhkan konsultasi terkait keluarga serta remaja.

"Untuk sementara kita buka baru setiap hari kerja dulu. Nantinya akan diilayani oleh profesional. Jadi yang melayani di sini kalau konsultasi psikologis kita ada psikolog profesional dan layanan lainnya," ujar Dedi kepada wartawan di sela acara.

Menurut Dedi, pihaknya juga membagi jadwal untuk layanan konseling di puspaga ini untuk
hari Senin dan Rabu yakni konseling perkawinan pranikah. Konseling ini biasanya untuk kalangan remaja. Sementara hari Selasa dan Kamis jadwal konsultasi pengasuhan untuk orang tua. Sementara hari Jumat untuk konseling remaja.

"Kita akan intens ke beberapa jadwal dan itu gratis," kata dia.

Menurut Dedi, Puspaga ini berbeda dengan P2TP2A. Menurutnya Puspaga lebih kepada posisi aspek pencegahan dan deteksi dini. Sementara untuk P2TP2A lebih kepada penanganan kasus.

"Tetapi sebenarnya semuanya juga bercerita tentang bagaimana membentuk ketahanan keluarga," ucap Dedi.

Dedi mengungkapkan bahwa rumah Puspaga ini hampir serupa dengan layanan Kendaraan Konseling Silih Asih (Kekasih) dari Dinas Kesehatan. Namun perbedaannya terletak dari sistem kerjanya saja. Bila layanan mobil Kekasih itu menggunakan sistem jemput bola dengan mendatangi masyarakat sedangkan Puspaga ditempatkan di satu lokasi.

Menurut untuk jadwal Puspaga mulai buka pada pukul 08.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Untuk memudahkan informasi bagi masyarakat, lanjut Dedi pihaknya membuka layanan khusus Puspaga lewat nomor telepon 08001000245, atau melalui jejaring sosial facebooj di Puspaga Bdg, lalu akun instagram @puspaga.bdg, kemudian di twitter @puspaga_bdg serta surat elektronik puspaga.bdg@gmail.com.

Kredit

Bagikan