Warga Bandung diminta waspadai cuaca ekstrem hari ini dan besok

user
Mohammad Taufik 27 November 2017, 15:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - BMKG Jawa Barat menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Jawa Barat dari tanggal 26-28 November. Dalam peringatan dini tersebut, di Kota Bandung diperkirakan potensi angin kencang dan puting beliung akan terjadi selama 3 hari.

Cuaca ekstrem tersebut disebabkan karena adanya tekanan rendah di Selatan Jawa yang mengakibatkan area belokan angin sehingga menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu juga, aliran masa udara basah dari Barat menyebabkan kondisi udara di sekitar Jawa Barat menjadi sangat tidak stabil. Interaksi kedua fenomena tersebut dengan kondisi cuaca lokal mengakibatkan beberapa potensi cuaca ekstrem di sekitar wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Kota Bandung.

Salah satu yang harus diwaspadai, kata dia, yakni saat terjadi hujan yang disertai angin kencang. Masyarakat yang posisi rumahnya berada dekat dengan pohon yang ukuran batangnya tergolong besar agar selalu memperhatikan dahan-dahan pohon yang dinilai dapat membahayakan dan dikhawatirkan dapat menimpa.

"Jadi kami imbau untuk selalu waspada terhadap potensi puting beliung dan angin kencang ini khususnya pada sore hingga menjelang malam hari. Waspada kejadian kilat dan petir dan disarankan tidak berlindung dibawah pohon," ujar Ferdi melalui pesan singkat, Senin (27/11).

Ferdi pun mengimbau kepada masyarakat untuk menyiapkan diri dengan selalu membawa payung dan jas hujan ketika keluar rumah. Selain itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksa kendaraan ketika akan melakukan perjalanan serta memerika ban untuk bersiap kondisi jalanan licin.

Potensi angin kencang dan puting beliung bukan hanya terjadi di Kota Bandung, tetapi kota-kota lain seperti Bogor, Sukabumi, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Purwakarta, Pangandaran, Indramayu.

Kredit

Bagikan