PKL di Jalan Ahmad Yani akan direlokasi, yang bandel akan ditindak

user
Muhammad Hasits 21 November 2016, 15:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung akan mulai merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Ahmad Yani. Para PKL nantinya akan direlokasi ke lantai 3 Pasar Kosambi.

"Penataan PKL Kosambi di Jalan Ahmad Yani sudah dimulai. Jadi kita akan tertibkan bersihkan, relokasi, sebagai komitmen satu per satu ruas jalan yang akan kita bereskan," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Senin (21/11).

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, relokasi PKL akan dilakukan pada November.  Pihaknya akan merelokasi para PKL secara bertahap. Pelaksanaan relokasi akan dilakukan setelah pengerjaan trotoar dan gorong-gorong di Jalan Ahmad Yani rampung.

"Mudah-mudahan dalam bulan ini Jalan Kosambi pedestriannya sudah rapi, PKL-nya juga sudah tertib tidak di trotoar. Saya minta dukungannya," katanya

Emil mengatakan, saat ini lokasi pemindahan PKL sedang disiapkan. Komunikasi dengan para pedagang pun sudah dilakukan oleh Satpol PP dengan Wakil Wali Kota Bandung selaku Ketua Tim Satgasus PKL.

"Filosofi penertiban PKL oleh Pemkot selalu mencari dulu tempat penggantinya. Yang lain sudah ditertibkan karena sudah ada tempat penggantinya. Walaupun sudah ditertibkan 100 persen pasti ada sekian persen yang bandel, kekekuh. Kita akan tetap akan melakukan penindakan," katanya.

Menurut Emil, di tempat relokasi tersebut nantinya mampu menampung hingga 900 PKL. Tempat relokasi saat ini sedang disiapkan oleh PD Pasar.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PKL sejak 1 minggu lalu. Pihaknya mengimbau kepada pedagang untuk tidak lagi berjualan di trotoar.

"Saya hanya memberikan imbauan dan terus menyosialisasikan mereka agar mempersiapkan diri (pindah)," kata Eddy.

Berdasarkan data, ada 60 PKL yang berjualan di sepanjang jalan tersebut. Pemindahan akan dilakukan setelah tempat relokasi selesai dibenahi.

"Kan perlu ada pembenahan dulu. Pak Wali minta satu bulan ini harus selesai tapi apakah anggaran PD Pasar saya kurang paham," ujarnya.

Kredit

Bagikan