2 Ekor binturong jadi keluarga baru Kebun Binatang Bandung

user
Farah Fuadona 17 Agustus 2017, 15:40 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kebun Binatang Bandung punya keluarga baru. Setelah sebelumnya sepasang bayi harimau benggala menggemaskan, kini seekor binturong betina melahirkan dua ekor binturong berjenis kelamin betina sebulan lalu.

Kini, usia kedua bayi binturong tersebut sudah mencapai 37 hari. Kondisinya sehat dan masih menyusu pada induknya. Jenis binturong jawa itu kini memiliki bobot masing-masing 900 dan 700 gram.

"Keduanya masih belum punya nama. Kondisinya sehat dan masih menyusu dengan induknya sampai usia tiga bulan," ujar Kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko kepada Merdeka Bandung, Kamis (17/8).

Kondisi bayi binturong masih harus berada di dalam inkubator karena masih diberi susu langsung oleh induknya. Kedua bayi binturong lahir usai sang induk melewati masa bunting 91 hari.

"Normalnya binturong bisa melahirkan dua hingga lima ekor sekaligus," tuturnya.

Sementara itu, pihak Kebun Binatang Bandung sendiri membuka siapa saja yang ingin menjadi bapak asuh bagi kedua bayi lucu tersebut. Untuk menjadi bapak asuh, syaratnya mudah.

"Yang penting saya binatang dan siap memberikan pakan untuk yang mau menjadi bapak asuh. Kalau binturong ini makannya terbilang gampang karena dia pemakan buah-buahan," jelas Marcomm Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi'i.

Binturong sendiri merupakan hewan sejenis musang namun memiliki ukuran yang cukup besar. Binturong memiliki ciri-ciri berambut panjang dan kasar, berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan, dengan taburan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang.

Kredit

Bagikan