Meneladani komunitas pecinta Sungai Cikapundung

user
Muhammad Hasits 10 Juli 2016, 14:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung dibelah Sungai Cikapundung. Di masa lalu tentu air sungai ini jernih. Kini seiring padatnya penduduk, warna air berubah jadi cokelat dan penuh sampah plastik. Banyak warga yang membuang sampah sungai, tapi ada juga yang peduli.

Warga yang tidak peduli dengan kelestarian sungai tentu tidak perlu ditiru. Sedangkan warga yang menyayangi sungai, harus dicontoh. Komunitas Sungai Cikapundung Kuya Gaya menjadi salah satu kelompok warga Bandung yang rajin membersihkan Sungai Cikapundung.

“Kesadaran warga memang belum maksimal, tapi sudah mulai ada perubahan. Selama ini kita hanya imbau dan memberi contoh. Jika masih ada warga yang bandel, ya kita tidak bisa apa-apa untuk melarang,” kata Ketua Komunitas Sungai Cikapundung Kuya Gaya, Handoyo, saat berbincang dengan Merdeka Bandung beberapa waktu lalu.

Jika dibandingkan dengan dulu sebelum ada komunitas-komunitas yang peduli sungai, menurut pria 56 tahun ini kondisi Sungai Cikapundung saat ini sudah lebih baik. Namun bagaimanapun kerja komunitas berbeda dengan pekerja-pekerjaresmi yang bertugas membersihkan sungai.

Komunitas tidak memiliki kewenangan melarang warga membuang sampah ke sungai. Meski demikian komunitas ini tidak kehabisan akal. Mereka rutin menggelar kegiatan yang menutup ruang-ruang buang sampah sembarangan.

Salah satu kegiatannya lewat kukuyaan atau peragu dari ban mobil. “Dengan melihat kita kukuyaan, masa sih tega masih buang sampah ke sungai,” katanya.

Permainan air kukuyaan dilakukan sambil melakukan sosialisasi membangun kecintaan terhadap sungai terpanjang di Kota Bandung itu. Tidak jarang kukuyaan dilakukan dengan program bersih-bersih sungai yang rutin dijalankan tiap Jumat.

Handoyo menjelaskan, pekerjaan komunitas tidak hanya menyadarkan warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Komunitas ini aktif dalam melakukan pencegahan bencana banjir, longsor, evakuasi hingga mengurus taman. Salah satu taman yang dikoordinir komunitas ini adalah Teras Cikapundung.

“Kerja kita bukan hanya soal sampah tapi mengangkat batang kayu yang roboh dengan alat manual, pakai kampak dan tambang. Kadang di lokasi yang susah. Tapi justru itu yang disenangi komunitas, ada tantangannya,” tutur ayah dua anak dan tiga cucu ini.

Komunitas ini mengkoordinir sejumlah kelompok kerja. Anggotanya ada 60 orang. Komunitas ini mulai aktif sejak 2008. Sekretariatnya terletak di Kampung Pulosari, tepatnya di bawah jalan layang Pasupati, Bandung.

Kredit

Bagikan