Aher: Alhamdulillah mudik di Jabar lancar

user
Farah Fuadona 06 Juli 2016, 16:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menyatakan arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah di jalur utara, selatan, dan tengah Jawa Barat lancar dan aman. "Alhamdulillah, evaluasi mudik 2016 di Jawa Barat aman, lancar, dan jauh lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya," kata Ahmad Heryawan usai melaksanakan Shalat Id di Lapangan Gasibu Bandung seperti dilansir Antara, Rabu (6/7).

Ia menuturkan salah satu faktor penyebab mudik di Jawa Barat lancar dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena sistem integrasi di Tol Cipali.

"Peristiwa Nagreg (kemacetan) tidak separah tahun lalu. Macet ada tapi masih bisa diatasi. Apalagi jalur utara baik, termasuk jalur Cipalikarena disitu tidak ada pintu tol. Tinggal ujung ke ujung saja tiketnya," katanya.

Pemprov Jawa Barat, menurut dia, terus berupaya mendorong percepatan pembangunan jalan tol seperti Jalan Tol Cileunyi Garut Tasikmalaya (Cigatas). Sebagai upaya mengurangi kemacetan di Jalur Selatan Jabar saat arus mudik dan balik Lebaran berlangsung.

"Tol Cigatas sudah kita usulkan masuk dalam proyek pembangunan jalan tol nasional. Insya Allah 2017-2018 lebih mengerucut. Yang jelas memperjuangkan Tol Cigatas sudah dimulai dan saya juga ingin mendorong tol yang paling lama di Jabar yakni Tol Ciawi-Sukabumi yang lelangnya sejak 1997 silam," kata dia.

Kredit

Bagikan