H-4 jalur selatan lancar Kota Bandung - Nagreg ditempuh 1,5 jam

user
Farah Fuadona 02 Juli 2016, 12:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Memasuki H-4 Lebaran 2016 ruas arus jalur selatan masih terbilang lancar. Belum ada peningkatan kendaraan signifikan yang melintas ruas tersebut. Bahkan Kota Bandung yang dimulai dari Terminal Cicaheum sampai Nagreg, Kabupaten Bandung bisa ditempuh 1,5 jam.

Artinya jarak tempuh tersebut sama seperti hari biasanya. Merdeka Bandung menggunakan sepeda motor mencoba menyusuri pergerakan kendaraan yang bakal dilewati pemudik Sabtu (2/7) pagi. Start dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung pukul 09.00 WIB, tiba di Nagreg pukul 10.30 WIB.

Dari terminal Cicaheum via Jalan AH Nasution kendaraan baik sepeda motor dan mobil cukup lancar. Kendaraan tersendat saat menjumpai pasar di Alun-Alun Ujung Berung. Kemacetan karena arus orang menyebrang cukup padat. Ditambah parkir yang memakan jalan.

Selepas Alun-Alun Ujung Berung kendaraan kembali lancar. Saat menjumpai Bundaran Cibiru yang merupakan perbatasan Kota dan Kabupaten Bandung kepadatan terjadi. Meski masih dikatakan ramai lancar. Di sini kendaraan mudik mulai terasa. Begitu juga kendaraan umum yang mengangkut penumpang.

Cibiru sampai menuju pertigaan Cileunyi-Rancaekek kendaraan juga masih bisa melaju 50-60 kilometer per jam. Dari pertigaan tersebut mencapai Nagreg situasi lengang justru terjadi. Jalan yang besar membuat motor dan mobil masih bisa leluasa berkendara. Kota Bandung-Nagreg hanya ditempuh 1,5 jam.

Di Nagreg yang biasanya dijumpai kemacetan juga tidak terjadi hingga pukul 11.30 WIB. Kendaraan bisa tancap gas dengan leluasa. Nah, bagi pemudik yang biasa menggunakan ruas ini, mungkin H-4 bisa menjadi solusi yang ingin menghindari kemacetan.

Gerbang Tol (GT) Cileunyi sebagai gerbang simpul dari Tol Cipularang dan Purbaleunyi ini juga memprediksi peningkatan baru akan terjadi Sabtu malam nanti dan Minggu besok.

"Dari Kamis dan Jumat memang ada peningkatan, tapi sepertinya baru Sabtu sama Minggu (puncak arus)," kata Jajat Wahyudin Kepala Shift (GT) Cileunyi saat ditemui Merdeka Bandung di GT Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/7). GT Cileunyi mencatat pada H-4 ini yang melintas mencapai 39.442 kendaraan.

Kredit

Bagikan