Dishub prediksi 281 ribu penumpang bus akan berangkat dari Bandung

user
Farah Fuadona 28 Juni 2016, 13:53 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dinas Perhubungan Kota Bandung mencatat jumlah penumpang bus yang akan berangkat di dua terminal di Kota Bandung dalam arus mudik lebaran tahun ini diprediksi naik 5 persen. Dengan prediksi kenaikan sedikitnya ada 281.552 penumpang yang akan berangkat dari dua terminal di Bandung.

Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Kota Bandung Yosep Heryansyah mengatakan berkaca pada tahun sebelumnya pada 2015 lalu, tercatat ada 212.078 penumpang yang berangkat dari Terminal Leuwi Panjang. Sementara di Terminal Cicaheum pada periode yang sama  tercatat ada 56.068 penumpang yang berangkat.

"Kita prediksi tahun ini jumlah penumpang di dua terminal naik 5 persen. Di Leuwi Panjang kita prediksi naik menjadi 222.681 penumpang dan Cicaheum naik menjadi 58.871 penumpang. Itu prediksi jumlah penumpang di periode lebaran selama 16 hari," katanya.

Menurut Yosep, prediksi kenaikan penumpang karena berbagai faktor. Salah satunya disebabkan karena limpahan penumpang kereta api yang tidak kebagian tiket. "Karena sekarang kereta api sudah full. Jadi Limpahan dari sana sehingga mereka pindah naik bus," katanya.

Adapun untuk jumlah penumpang di Terminal Leuwi Panjang yang lebih besar, Yosep menyebut karena jurusan di Terminal Leuwi Panjang lebih banyak dibandingkan dengan Cicaheum. Untuk Terminal Leuwi Panjang sendiri kata dia melayani rute-rute untuk wilayah Barat, sementara Terminal Cicaheum  melayani rute wilayah Timur .

"Kalau Cicaheum kan lebih sedikit jurusannya, sehingga penumpangnya lebih sedikit. Sementara Terminal Leuwi Panjang lebih banyak jurusannya," kata Yosep.

Kredit

Bagikan