Jelang arus mudik, pilot dan pramugari dites urin

user
Farah Fuadona 23 Juni 2016, 11:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Para pilot dan awak dikagetkan dengan tes urine yang digelar oleh BNNP dan Dishub Jabar. Tes dilakukan sebagai antisipasi adanya penyalahgunaan narkoba bagi para pilot dan pramugari menghadapi musim mudik Lebaran 2016.

Tes urine dilakukan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (23/6). Petugas gabungan ini meminjam ruangan di samping tepat di pintu masuk kedatangan domestik.

Para pilot dan pramugari dari sejumlah maskapai secara bergiliran masuk ke sebuah ruangan. Kemudian mereka diberi botol urine untuk menuangkan air seni-nya dalam wadah tersebut disebuah kamar kecil yang berada di ruangan terpisah. Air seni yang sudah berada dalam wadah kemudian diserahkan pada petugas. Hasilnya akan diketahui beberapa saat kemudian.

Pramugara dites urin jelang lebaran
© 2016 merdeka.com/Andrian Salam Wiyono

Pantauan Merdeka Bandung tes urine hingga saat ini masih berlangsung. Hingga pukul 11.00 WIB sudah sekitar 15 pilot dan awak kapal dites urine.

Usai tes, Pilot dari makskapai Air Asia, Achmad Yunito menyambut baik adanya tes urine yang dilakukan petugas BNNP dan Dishub Jabar. Tapi tes tersebut jangan dilakukan pada momen tertentu saja.

"Kalau bisa jangan hanya lebaran. Tapi random juga. Ini kan untuk melihat kesiapan para pilot dan crewnya," katanya di lokasi. Dia menyebut, pilot memiliki tanggung jawab penuh karena mengendalikan banyak penumpang di udara. "Jadi pilot jangankan menggunakan narkoba alkohol juga bahaya," kata dia.

Kredit

Bagikan