Hadapi mudik lebaran, Dinkes Kota Bandung siapkan Posko Kesehatan

user
Farah Fuadona 22 Juni 2016, 11:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dalam menghadapi musim arus mudik lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung akan membuka posko kesehatan di sejumlah lokasi. Posko kesehatan ini didirikan di tempat-tempat strategis untuk melayani para pemudik.

Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanegara mengatakan, posko kesehatan rencananya akan mulai dibuka pada H-7 lebaran dan H+7 lebaran. Posko kesehatan setidaknya akan didirikan di dua lokasi yakni Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang.

"Posko kesehatan itu sengaja didirikan untuk melayani pemudik yang mengalami gangguan kesehatan saat mudik. Jadi sakit-sakit ringan seperti pingsan, batuk, atau penyakit ringan lainnya bisa datang ke posko kesehatan," ujar Ahyani kepada Merdeka Bandung saat dihubungi, Rabu (22/6).

Menurut Ahyani, dalam posko tersebut juga tersedia fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Mulai dari obat-obatan, alat kesehatan termasuk tenaga medis.

"Jadi untuk pemudik yang merasa kelelahan, silakan ke posko saja. Ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia, bisa menunggu di posko sambil berbaring, karena fasilitas kesehatan pun telah tersedia lengkap," katanya.

Ahyani mengungkapkan, pihaknya juga berencana mendirikan posko serupa di sejumlah lokasi seperti di stasiun, bandara, jalan tol. Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak pengelola.

"Dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun inu, kami juga menyiapkan 70 mobil ambulance. Itu mobil dari Dinkes, rumah sakit, dan puskesmas di Bandung," ujarnya.

Kredit

Bagikan